Tuesday, April 21, 2015

BENJOL DAN BENGKAK PADA ANAK (USIA DI ATAS 1 TAHUN)

Benjol dan bengkak di bawah permukaan kulit seringkali adalah pembesaran bonggol limfe, yang biasa disebut kelenjar, akibat infeksi. Penyebab lain benjol dan bengkak adalah akibat cedera benturan, gigitan atau sengatan. Setiap benjolan atau bengkak yang menetap harus diperiksa dokter agar bisa diselidiki penyebabnya. Namun jarang ada penyebab yang membahayakan pada anak-anak.




"Pembesaran simpul limfe di leher seringkali merupakan gejala infeksi tenggorokan (pharingitis) dan/atau infeksi di tonsil (tonsilitis). Dokter akan memeriksa si anak dan mungkin mengambil contoh lendir tenggorokan untuk memastikan diagnosa ini, serta meresepkan antibiotika. Bila sakit tenggorokannya parah, lakukan tindakan untuk meredakannya (ada di blog ini)."

"Adakah bengkak merah meradang di kulit si anak ? Mungkin hal itu adalah bisul yang disebabkan infeksi bakteri, atau bila gatal, karena gigitan serngga. Kebanyakan bisul akan hilang sendiri. Bila bisul tidak membaik dalam 48 jam atau bila si anak tampak lesu, periksakanlah ke dokter, yang akan meresepkan antibiotika atau mengeluarkan nanahnya di bawah pembiusan lokal. Bekas gigitan serangga akan hilang sendiri."

"Adakah bengkak di dua atau lebih tempat berikut ; leher, ketiak, selangkangan ? Bengkak ini mungkin adalah pembesaran simpul limfe yang disebabkan oleh infeksi virus, misalnya demam kelenjar. Diagnosa ini semakin mungkin bila si anak juga menderita demam. Periksakan ke dokter. Dokter akan memeriksa dan mungkin meminta si anak menjalani tes darah untuk menetapkan penyebab serta pengobatan yang tepat. Pada kebanyakan kasus, tubuh akan melawan infeksi dan bengkaknya akan menghilang."

"Apakah timbul bengkaka di sekitar atau di dekat pusar si anak ? Mungkin terjadi hernia usus buntu, yaitu sebagian usus menerobos bagian lemah di dinding lambung di dekat pusar. Hal ini terutama biasa terjadi di kalangan bayi bangsa kulit hitam. Dokter akan memeriksa si anak untuk memastikan diagnosa ini. Hernia usus buntu bisa pulih sendiri tanpa diobati, namun pada beberapa kasus dokter bisa menyarankan untuk di tangani spesialis yang bisa mengoperasi untuk memperbaiki hernianya. Bila bengkaknya menjadi keras dan meradang, bawalah ke dokter segera."

"Apakah bengkaknya membesar bila si anak batuk atau menangis ? Mungkin si anak mengalami sejenis hernia, yaitu sebagian usus menerobos bagian lemah di dinding lambung dekat selangkangan. Periksakan ke dokter. Dokter akan memeriksa si anak untuk memastikan diagnosa ini. Karena ada resiko usus terperangkap, herni di selangkangan perlu dikembalikan dengan operasi. Bila hernia menjadi mengeras dan meradang, bawalah ke dokter segera."



"Bengkak di daerah selangkangan mungkin disebabkan oleh pembengkakan simpul limfe akibat infeksi setempat. Infeksi itu bisa akibat luka, lecet atau bisul. Bila penyebab bengkaknya tidak terlihat, seperti bisul misalnya, atau bila berlangsung sampai beberapa hari, periksakanlah ke dokter."


No comments:

Post a Comment