Sunday, July 5, 2015

MASALAH KELAMIN PADA ANAK LAKI-LAKI

Walau kebanyakan masalah kelamin pada anak-anak adalah infeksi ringan, setiap kali ada masalah di kelamin anak harus selalu segera diperiksakan ke dokter. Pada beberapa kasus, keterlambatan penanganan akan bisa berakibat serius, antara lain menimbulkan masalah kesuburan pada si anak kelak.





"Testis terpuntir, yaitu salah satu atau kedua testis terpuntir di dalam skrotum sehingga menghambat pasokan darah, dapat menyebabkan rasa sakit di skrotum. Pembedahan segera, sangat diperlukan, untuk mengembalikan posisi testis dan memulihkan pasokan darah. Selama pembedahan, kedua testis akan diikatkan ke skrotum untuk mencegahnya kambuh lagi."

"Kulit di skrotum bisa meradang akibat infekri alergi terhadap deterjen pencuci popok, atau bisa juga karena infeksi jamur, periksakan ke dokter. Setelah memerikra, dokter akan memberikan krim kortikosteroid bila penyebabnya adalah alergi, atau krim antijamur bila penyebabnya infeksi jamur. Bila disebabkan alergi, gantilah deterjen dengan yang non-biologis dan bilaslah popoknya baik-baik."

"Hidrosel, yaitu suatu kondisi tidak berbahaya berupa penumpukan cairan di sekitar testis. Hal ini biasa pada bayi baru lahir dan biasanya menghilang setelah si anak berusia 6 bulan. Dokter mungkin akan meminta si anak di-scan ultrasonik untuk mencari kemungkinan adanya kerusakan testis sebagai penyebab. Pada umumnya hidrosel pada anak-anak akan hilang sendiri tanpa perawatan."

"Adakah salah satu hal berikut pada bengkak di skrotum: lebih kecil atau hilang di pagi hari, membesar ketika si anak menangis atau batuk. Jika ada, si anak mungkin menderita hernia, yaitu sebagian kecil usus menerobos bagian yang lemah di dinding perut. Kondisi ini paling banyak terjadi pada bayi. Dokter akan memeriksa si anak. Bila diagnosa ini benar, hernianya harus diperbaiki untuk mencegah kemungkinan terjepitnya bagian usus tersebut. Operasinya dilakukan di bawah pembiusan umum."

"Balanitis, yaitu kulup meradang karena infeksi atau iritasi bahan kimia, dapat menyebabkan rasa perih, iritasi, atau kemerahan di ujung penis si anak. Pastikan bahwa penis dan kulup si anak sering dibilas air. Bila gejalanya tidak hilang dalam 48 jam, periksakan ke dokter, dokter mungkin akan meresepkan krim antibiotika atau antijamur. Selanjutnya, jangan gunakak sabun berpewangi dan gunakanlah deterjen biologis untuk mencuci pakaian. Bila kondisi ini sering terjadi, mungkin dokter akan menyarankan dikhitan."

"Kulit kulup biasanya tidak bisa ditarik pada anak usia di bawah setahun. Setelah si anak makin besar berangsur-angsur kulup menjadi terlepas dari kepala penis sehingga mudah ditarik. Menarik kulup terlalu kuat akan bisa menimbulkan kerusakan serius dan memperburuk keadaan. Periksakan ke dokter bila anda masih cemas atau bila kulup si anak masih belum bisa ditarik setelah usianya 4 tahun. Dokter mungkin akan menyarankan dikhitan."

"Kulup yang tidak bisa kembali akan bisa merusakkan pasokan darah ke kepala penis bila tidak segera ditangani. Sambil menunggu bantuan medis, kompres dengan es untuk meredakan sakitnya. Di rumahsakit, dokter mungkin akan mencoba mengembalikan kulupnya, namun mungkin diperlukan sayatan kecil di bawah bius lokal. Khitan segera biasanya diperlukan untuk mencegah masalah itu timbul kembali."

"Phimosis, yaitu lubang kulup yang terlalu kecil. Hal ini akan menghambat aliran urin dan menimbulkan infeksi kambuhan kepala penis. Periksakan ke dokter. Tindakan, jangan terlalu kuat menarik kulup karena hal itu akan semakin mempersulit lubang kulup. Dokter akan memeriksa si anak untuk memastikan diagnosa ini dan memastikan tidak ada infeksi lain. Dokter mungkin juga akan menyarankan dikhitan."


PERINGATAN

Segera bawa ke rumahsakit bila timbul bengkak nyeri di testis atau selangkangan anak anda. Beberapa kondisi dengan gejala seperti ini memerlukan pembedahan darurat.


Khitan

Khitan adalah operasi pembuangan kulup, lipatan kulit penutup ujung penis. Biasanya hal ini dilakukan karena alasan keagamaan. Namun, pada beberapa kasus, khitan juga disarankan bila kulup seorang anak terlalu ketat atau bila anak sering mengalami infeksi di penis. Di masa lalu, khitan sering biasa dilakukan pada anak-anak dengan keyakinan bahwa hal itu akan memperbaiki kesehatan.

Khitan terhadap bayi laki-laki yang baru lahir kebanyakan dilakukan di bawah bius lokal, sedangkan pada anak-anak dan orang dewasa seringkali di bawah bius umum.

Dalam operasi, sebagian besar kulup dibuang. Sisa kulup yang tertinggal lalu dijahitkan ke kulit persis di bawah kepala penis, membuat kepala penis tak terlindungi. Tidak diperlukan perban sampai lukanya sembuh. Jahitan akan melebur atau lepas sendiri dalam beberapa hari.


Testis Terpuntir

Puntiran testis dh dalam skrotum mengurangi atau menghentikan pasokan darah ke testis. Walau bisa terjadi pada semua usia, namun kebanyakan terjadi di usia sekitar 10 tahun.

Gejalanya bisa dimulai saat tidur atau segera setelah sebuah benturan, meliputi nyeri di skrotum, selangkangan, dan/atau perut, serta skrotum merah meradang. Terkadang juga bisa disertai mual dan/atau muntah. Testis terpuntir menuntut pembedahan segera, yang harus dilakukan dalam tenggang waktu 6 jam, untuk mencegah kerusakan permanen pada penis. Selama operasi, pembuluh darah yang terpuntir dikembalikan lalu kedua testis dijahitkan ke skrotum untuk mencegah terjadinya puntiran lagi.

No comments:

Post a Comment