Saturday, August 15, 2015

DEMAM

Demam adalah suhu tubuh di atas 38 derajat celsius. Walau bisa merupakan gejala banyak penyakit, namun biasanya menunjukkan bahwa tubuh sedang melawan infeksi. Pemaparan terhadap panas dan obat tertentu juga akan menaikkan suhu tubuh. Anda bisa menduga terserang demam bila anda juga merasa menggigil, panas dan dingin bergantian, dan secara umum merasa tidak enak badan. Untuk memeriksa demam, gunakan termometer pengukur suhu secara cermat.



“Adakah salah satu gejala berikut pada demam anda : sakit kepala parah, nyeri leher saat menundukkan kepala, tidak suka cahaya terang, mengantuk atau bingung? Jika ada, ada kemungkinan ini adalah gejala meningitis, yaitu radang selaput sekitar otak akibat infeksi. Bila diduga meningitis, anda harus segera dibawa ke rumah sakit. Anda akan ditangani segera dengan antibiotika dan mungkin memerlukan perawatan intensif.”

“Apakah demam anda disertai dengan batuk berdahak kuning keabuan? Jika iya, bronkitis akut (radang saluran udara di paru-paru) akibat infeksi virus adalah kemungkinan penyebab paling besar. Lakukan langkah-langkah mengatasi demam (bawah artikel ini). Bila anda merokok, hentikan segera. Bisanya tidak perlu penanganan medis, namun harus diperiksakan ke dokter bila belum membaik dalam beberapa hari. Bila anda menjadi tidak bisa bernafas sama sekali, segeralah periksakan ke dokter.”

“Adakah salah satu gejala berikut pada demam anda : sakit kepala ringan, nyeri di rongga badan, hidung berlendir ? jika ada, mungkin sekali ini adalah infeksi virus, misalnya virus flu. Atasi demamnya (bawah artikel ini). Hubungi dokter jika anda menjadi tidak bisa bernafas atau bila anda tidak membaik dalam 48 jam.”

“Apakah nafas terasa sesak, walau sedang istirahat, dan/atau ada terbatukkan dahak kecoklatan ? jika iya, mungkin terjadi suatu infeksi dada, misalnya pneumonia (infeksi ruang udara di paru-paru). Hal ini bisa serius, terutama pada mereka yang memiliki kesehatan buruk. Sambil menunggu bantuan medis, lakukan langkah mengatasi demam (bawah artikel ini). Bila benar itu adalah pneumonia, dokter akan memberikan resep antibiotika dan meminta anda menjalani pemeriksaan sinar X dada, mungkin anda perlu dirawat inap.”

“Adakah salah satu gejala berikut pada demam anda : nyeri di saru atau kedua punggung, buang air kecil lebih sering dari biasa, nyeri untuk buang air kecil, urin tak berwarna atau keruh? Jika ada, radang ginjal (pyelonefritis) atau radang kandung kemih (sistitis) akibat infeksi mungkin penyebab gejala yang anda alami. Dokter akan memeriksa contoh urin untuk mencari tanda-tanda infeksi. Mungkin dia akan memberikan antibiotika. Wanita yang sudah beberapa kali terinfeksi atau pria yang pernah terinfeksi mungkin memerlukan tes lanjutan, misalnya scan ultrasonik, untuk memeriksa adanya penyebab lain yang mendasarinya.”

“Penyakit tropis, seperti misalnya malaria dan tifoid bisa saja terjadi pada demam seseorang yang tinggal di wilayah iklim tropis. Bila menduga ini akibat penyakit tropis, dokter akan meminta anda menjalani beberapa tes, termasuk tes darah dan tes tinja. Bentuk penanganan akan tergantung pada hasil tes.”

“Terpapar panas bisa menjadi penyebab naiknya suhu tubuh anda, untuk menurunkannya, istirahatlah di ruangan yang sejuk dan minumlah banyak air dingin. Bila temperatur anda belum turun dalam sejam, segera perikdakan ke dokter.”

“Apakah demam anda disertai batuk berdarah ? jika iya, mungkin ada kelainan serius di paru-paru, seperti tuberkulosis atau kanker paru-paru. Dokter mungkin akan meminta tes darah dan dahak, serta pemeriksaan sinar X. Boleh jadi anda akan dirujuk ke spesialis untuk menjalani beberapa tes, seperti bronkoskopi, yang akan memastikan penanganan yang diperlukan.”

“Bila anda wanita, ketika anda demam adakah cairan asing dari vagina yang disertai nyeri lambung bagian bawah? Jika iya, mungkin ini gejala penyakit panggul, peradangan organ-organ reproduksi, seringkali akibat infeksi tularan seksual. Dokter akan melakukan beberapa tes untuk memastikan diagnosa ini. Mungkin anda akan diberi pereda nyeri dan resep antibiotik.”

“Dalam beberapa minggu terakhir, apakah anda mengalami demam kambuhan, terkadang disertai turunnya berat badan tanpa disengaja? Jika iya, kelainan serius seperti tuberkulosis, kanker bonggol limfe, atau sakit sertaan AIDS, mungkin penyebab gejala yang anda alami. Dokter akan memeriksa anda dan mungkin melakukan tes darah dan/atau dahak. Dia juga bisa meminta pemeriksaan sinar X dan tes-tes lain. Boleh jadi anda akan dirujuk ke spesialis untuk pemeriksaan lanjutan dan perawatan.” 



PERINGATAN
Bila merasa tidak enak badan, ukurlah suhu tubuh setiap 4 jam. Segera bawa ke dokter bila suhu tubuh sampai 40 derajat celsius atau lebih, dan lakukan langkah-langkah menurunkan temperatur.



TINDAKAN SENDIRI : Mengatasi Demam
Ketika sedang tidak sehat, ukurlah temperatur setiap 4 jam. Bila menggunakan termometer air raksa, kibaskan baik-baik sampai air raksanya turun sampai di bawah 36 derajat celsius, jepit di bawah lidah atau ketiak, dan biarkan selama 3 menit. Termometer digital juga bisa diletakkan di bawah lidah atau ketiak. Bila mengukur temperatur dari ketiak, tambahkan 0,6 derajat celsius dari yang tertera untuk mendapatkan temperatur sesungghuhnya. Anda menderita demam bila temperaturnya 38 derajat celsius atau lebih.

Mengurangi demam
Mengurangi demam akan membuat anda merasa lebih baik. Istirahatlah di kamar yang dingin, minum banyak air dingin, dan minumlah parasetamol, aspirin, atau ibuprofen untuk menurunkan demamnya.

No comments:

Post a Comment