Friday, August 14, 2015

SULIT TIDUR

Adalah wajar bila di suatu malam khusus anda mengalami sulit tidur atau sulit tetap tidur di malam hari, sehingga tak perlu dicemaskan. Perubahan gaya hidup kadang-kadang bisa membantu mengurangi sulit tidur (bawah artikel ini).





“Kafein yang ada dalam kopi, the, cola, dan beberapa minuman lainnya, merangasang sistem saraf, membuat anda lebih aktif. Hal itu bisa membuat anda sulit tidur. Cobalah hindari minuman-minuman tersebut di malam hari. Bila anda masih juga sulit tidur, jauhi semua minuman berkafein dalam hidup anda.”

“Berbagai stres dan kecemasan yang timbul di siang hari bisa membuat anda agak sulit tidur.”

“Tidur terganggu yang disertai gejala seperti sulit berkonsentrasi,sering timbul pikiran negatif, kurang bersemangat, kehilangan hasrat seksual, itu menunjukkan bahwa anda mungkin sedang menderita depresi.”

“Sesak nafas yang terjadi tiba-tiba di malam hari bisa ditimbulkan oleh asma atau suatu masalah serius seperti gangguan jantung atau paru-paru.”

“Obat tidur bisa mengubah pola tidur anda, dan bisa memakan waktu beberapa minggu atau bulan sampai membentuk pola tidur yang baru setelah anda menghentikan pemakaiaannya. Bersabarah sampai pola tidur anda normal dan tahanlah godaan untuk meminta pil tidur lagi ke dokter untuk mengatasi kesulitan tidur anda. Sementara itu, lakukan langkah-langkah memperbaiki tidur anda. Bila anda masih juga sulit tidur dalam sebulan, mintalah saran dari dokter.”

“Makan berlebihan atau makan terlambat di malam hari bisa membuat sulit tidur. Cobalah makan lebih ringan atau geser waktu makan anda lebih dini.”

“Masalah sulit tidur juga terkait dengan kehamilan. Anda bisa terbangun di tengah malam untuk buang air kecil, juga di awal kehamilan. Di usia kehamilan lebih lanjut, gerakan si bayi akan mengusik tidur anda dan membesarnya perut akan membuat anda sulit mencari posisi nyaman. Kecemasan menghadapi persalinan juga dapat membuat anda sulit tidur. Ikuti langkah agar dapat tidur di waktu hamil (bawah artikel). Bila anda tetap tidak bisa tidur, bangunlah, membaca atau lakukanlah hal-hal ringan. Cobalah tidur sejenak di siang hari. Bicarakan kecemasan anda menghadapi persalinan dengan dokter atau bidan.”

“Beberapa jenis obat, misalnya bloker beta, memiiki efek samping sulit tidur. Tanyakan ke dokter, sementara itu, jangan hentikan pemakaian obat resep anda.”

“Sedikit berolahraga di siang atau sore hari akan membuat fisik anda lebih lelah dan memudahkan anda untuk beristirahat. Olahraga tidak hanya memudahkan tiudr namun juga memperbaiki kesehatan anda dan membuat anda merasa segar.”

“Banyak orang semakin sulit tidur setelah berusia lanjut. Banyak lansia hanya membutuhkan waktu 6 jam di malam hari. Karena itu, mungkin anda akan bangun pagi lebih dini dari biasanya, atau anda akan merasa lebih sulit tidur daripada ketika maih lebih muda. Manfaatkan kelebihan waktu anda dan hindari tidur siang agar anda mudah tidur di malam hari.”



TINDAKAN SENDIRI : Bisa Tidur Nyenyak
Tidur adalah faktor penting dalam menajaga kesehatan. Bila anda sulit tidur, saran-saran berikut mungkin berguna:

  • Olahraga di siang hari untuk membuat fisik anda lelah dan membantu anda beristirahat.
  • Hentikan minum kopi, the, cola, dan minuman lain yang mengandung kafein, terutama di sore dan malam hari.
  • Hindari konsumsi alkohol berlebihan: walau awalnya alkohol membuat mengantuk, anda akan terbangun di tengah malam dan akan sulit tidur kembali.
  • Usahakan menetapkan waktu tidur dan bangun, hindari tidur siang.
  • Hindari makan berat di sore hari.
  • Minumlah minuman hangat seperti susu atau the kamomil pada jam tidur.
  • Bila hendak bekerja di sore hari, hendaknya berhenti bekerja 1 jam sebelum waktu tidur.
  • Pastikan tempat tidur anda nyaman dan kamar tidur anda berventilasi sempurna.




TINDAKAN SENDIRI : Agar Bisa Tidur Nyenyak saat Hamil
Bisa tidur semalam penuh tanpa terganggu mungkin agak sulit saat hamil, terutama masa kehamilan lanjut ketika membesarnya perut membuat lebih sulit mencari posisi nyaman. Namun ada beberapa langkah yang bisa dilakukan untuk memudahkan tidur. Sebelum berangkat tidur, berusahalah santai. Mandi air hangat, mendengarkan radio, atau membaca sampai terasa mengantuk. Hindari minuman berkafein seperti kopi atau teh di malam hari. Cobalah tidur menyamping dengan bantal di antara kedua kaki. Mungkin akan lebih nyaman bila anda meletakkan lagi bantal di bawah perut.

No comments:

Post a Comment