Monday, August 10, 2015

KELELAHAN

Keletihan adalah wajar seusai pengerahan tenaga fisik berjangka lama tabpa istirahat. Hal itu wajar setelah sakit berbagai infeksi, misalnya flu atau demam kelenjar, namun seharusnya lenyap setelah 2 tau 3 minggu. Walau demikian, bila tidak jelas penyebab kelelahan anda, atau bila hal itu menghalangi kegiatan harian anda, atau bila berlarut, anda perlu memeriksakannya ke dokter karena pada beberapa kasus, kelelahan bisa berarti adanya masalah kesehatan serius.





“Beberapa jenis obat seperti bloker-beta terkadang bisa berefek samping kelelahan. Periksakan ke dokter, sementara itu jangan hentikan pemakaian obat resep.”

“Adakah dua atau lebih gejala berikut : berat badan susut tanpa penyebab jelas, sering kehausan, banyak buang air kecil lebih dari biasanya, letih berlebihan. Jika ada dua tau lebih dari gejala-gejala di atas kemungkinan akibat dari diabetes mellitus. Kondisi ini disebabkan oleh kurangnya produksi hormone insulin yang diperlukan tubuh untuk memperoleh energy dari gula dan karbohidrat dalam makanan. Dokter akan mengambil contoh darah dan urin anda untuk mengukur tingkat gula darahnya. Bila diagnosa ini benar, anda mungkin akan memerlukan suntikan insulin sepanjang hayat. Anda akan diajari cara menyuntikkan insulin dan memantau tingkat gula darah anda sendiri, dokter juga akan memberikan saran pola makanan dan gaya hidup yang sesuai untuk anda.”


“Kehilangan berat badan dan kelelahan bisa timbul dari kelainan yang memerlukan penanganan medis.”

“Adakah salah satu gejala berikut : merasa dingin lebih dari biasanya, rambut menipis dan getas, berat badan bertambah sendiri, kulit kering atau dan kasar? Jika ada, ada kemungkinan anda mengidap hipertiroidisme (kelenjar tiroid kurang aktif). Periksakan ke dokter. Dokter akan mengukur tingkat hormon tiroid dari contoh darah anda. Bila diagnosanya benar demikian, anda akan diberi resep obat tiroid yang harus diminum sepanjang hayat. Pemeriksaan darah sesekali diperlukan untuk memantau dosisnya.”

“Adakah salah satu gejala berikut : Nafas sesak, kulit lebih pucat, merasa nanar? Jika ada, mungkin anda mengidap anemia, yaitu terlalu sedikit pigmen hemoglobin pembawa oksigen dalam darah anda. Anemia bisa timbul dari berbagai penyebab lain. Dokter akan melakukan beberapa pemeriksaan darah untuk memastikan diagnosa ini. Pada beberapa kasus, mungkin diperlukan tes lanjutan untuk menemukan penyebab anemianya. Penanganan anemia biasanya perlu digabung dengan penanganan penyebab lain yang mendasarinya.”

“Depresi bisa berkembang menjadi kelelahan dan rasa kurang bersemangat.”

No comments:

Post a Comment