Thursday, August 13, 2015

KEGEMUKAN

Normalnya, jumlah lemak adalah 10-20% berat badan pria dan sekitar 25% bagi wanita. Jauh di atas angka itu adalah tidak sehat, meningkatkan resiko penyakit diabetes atau tekanan darah tinggi, serta merusakkan sendi-sendi pemikul berat badan seperti pinggul dan lutut.

Umumnya orang berangsur menjadi agak kegemukan saat menua, dan mencapai terberat di usia 50 tahun.

Kelebihan lemak di sekitar perut diduga menambah resiko penyakit jantung di bagian lain tubuh. Penambahan berat badan biasanya akibat makan berlebihan. Kadang-kadang, ada juga yang timbul karena penyebab medis.





“Makan lebih banyak daripada kebutuhan bisa menjadi sumber penyebab kegemukan anda. Kurangilah asupan kalori dari biasanya sampai mencapai berat badan ideal anda. Bila tidak berhasil, konsultasikan ke dokter.”

“Berhenti merokok seringkali menaikkan sejenak berat badan, yang tentu saja resikonya lebih rendah daripada tetap merokok. Penambahan berat badan ini mungkin sebagai karena perubahan kimiawi tubuh, namun lebih mungkin akibat dari lebih banyaknya ngemil dari biasanya. Jangan cemas atas naiknya berat badan dalam seminggu pertama setelah berhenti merokok. Tunggu sampai kebutuhan tubuh anda pada tembakau memudar (sekitar 8 minggu) sebelum menjalani diet penurunan berat badan.”

“Kehamilan sering kali dikatikan dengan naiknya berat badan yang akan sulit dihilangkan setelah bersalin, terutama bila naiknya berat badan anda saat hamil sangat besar.”

“Kegemukan yang terjadi akibat dari makan berlebihan sebagai respon atas situasi yang menekan adalah masalah yang umum. Pilihlah makanan kecil rendah kalori seperti buah-buahan. Bila perlu, ikuti diet penurunan berat badan secara berangsur lalu terapkan pola makan yang sehat. Namun bila terus mengalami masalah pengendalian berat badan, anda perlu bertindak mengatasi penyebab stres-nya. Membicarakannya dengan dokter mungkin bisa membantu. Dokter juga bisa menyarankan cara mengatasi kecemasan.”

“Kecenderungan kegemukan bisa terjadi dalam keluarga. Sering kali hal ini akibat kebiasaan makan tidak sehat yang tertanam sejak kecil. Namun pada beberapa kasus diduga ada bawaan turunan untuk menjadi kegemukan. Ikuti saran menurunkan berat badan (di bawah artikel ini). Mempelajari kebiasaan baru pola makan adalah penting bila anda ingin berhasil mengendalikan berat badan. Konsultasikan ke dokter bila berat badan anda tidak mau turun, atau bila anda tidak bisa menghilangkan kelebihan berat badan anda.”

“Kebutuhan tubuh terhadap energi teegantung pada tingkat keaktifan kegiatan harian. Menyesuaikan makan dengan turunnya kebutuhan energi akan membantu mengurangi kelebihan berat badan anda. Hal ini berarti mengubah kebiasaan makan yang sudah anda jalani bertahun-tahun, sehingga mungkin perlu waktu sebelum anda terbiasa dengan pola makan yang baru. Anda juga perlu menambahkan sedikit olahraga dalam jadwal harian anda. Hal ini bisa menjaga kesehatan umum anda dan memperkuat penurunan berat badan.”

“Jenis obat resep tertentu, misalnya kortikosteroid, bisa berefek samping menaikkan berat badan. Konsultasikan ke dokter dan sementara itu jangan hentikan pemakaian obat resepnya.”

“Alkohol berkalori tinggi namun tidak bernilai gizi bisa menyumbang naiknya berat badan seseorang. Hindari alkohol.”

“Makan lebih dari yang dibutuhkan dapat menyebabkan naiknya berat badan anda. Jalani diet penurunan berat badan. Bila dalam sebulan berat badan anda belum turun, mintalah saran dokter.”

“Naiknya usia sering disertai dengan naiknya berat badan. Hal ini mungkin karena kurang olahraga di saat tubuh memerlukan lebih sedikit makanan untuk fungsi-fungsi dasar tubuh. Kurangi makanan dan/atau tingkatkan aktifitas untuk memulihkan keseimbangan pasokan dan pemakaian energi tubuh anda.”



Usia dan tingkat metabolisme
Dimulai dari usia remaja, tingkat konsumsi energi oleh tubuh semakin meneurun. Pengurangan konsumsi energi ini juga berlaku pada energi untuk menjalankan fungsi tama tubuh seperti bernafas dan peredaran darah. Efek melambatnya metabolisme, ditambah dengan berkurangnya tingkat olahraga secara umum saat seseorang semakin menua, cenderung menaikkan berat badan secara berangsur sesuai dengan meningkatnya usia. Untuk menghindari kegemukan anda perlu mengurangi pasokan makanan atau menaikkan tingkat kegiatan anda.



TINDAKAN SENDIRI : Menurunkan Berat Badan secara Aman
Penyebab terbanyak kenaikan berat badan adalah kombinasi terlalu banyak makan makanan dan kurangnya aktifitas. Cara terbaik menurunkan berat badan adalah menggabungkan pengurangan pasokan energi dengan olahraga teratur. Tetapkan sasaran jangka pendek yang realistik untuk penurunan berat badan, sekitar 2-4 kg dalam sebulan.

Pengutangan kalori
Tipe terbaik diet penurunan berat badan adalah rendah kalori tapi seimbang, agar gizi anda tetap terpenuhi. Kurangilah pasokan kalori harian anda dengan 500-1000 kalori. Saran-saran berikut akan bisa menolong:

  • Kurangi makanan berlemak, pengganti yang baik adalah roti wholemeal, kentang, dan pasta.
  • Pilih makanan panggang atau oven dibanding dengan gorengan.
  • Hindari terlalu banyak ngemil.
  • Kurangi konsumsi alkohol.
  • Hindari jajan ketika lapar.


Olahraga
Olahraga rutin menguntungkan kesehatan anda dan juga membantu menurunkan berat badan. Olahraga tidak harus berat, namun anda harus melakukannya selama 30 menit, 5 kali seminggu. Olahraga tidak hanya membakar kalori namun juga meningkatkan tingkat metabolisme basal (BMR), yaitu tingkat pemakaian energi tubuh di saat istirahat untuk menjaga berbagai proses dasar tubuh misalnya bernafas dan pencernaan. Bila BMR meningkat, anda menggunakan lebih banyak energi, dan dengan menjalankan diet pengontrol energi, anda bisa menurunkan berat badan.

No comments:

Post a Comment