Thursday, September 17, 2015

BERKERINGAT BERLEBIHAN

Berkeringat adalah mekanisme alami untuk mengatur temperatur tubuh dan respon normal terhadap kondisi panas atau aktifitas fisik berat. Ada sebagian orang yang berkeringat lebih banyak dari orang lain, maka bila anda selalu berkeringat banyak, agaknya tak ada yang perlu dicemaskan. Namun, berkeringat yang bukan akibat panas atau aktifitas luar biasa mungkin merupakan tanda adanya suatu kondisi medis.




“Hipertiroidisme merupakan penyakit dengan gejala sebagai berikuti : berat badan turun tanpa jelas sebabnya, merasa selalu was-was, tangan gemetar. Segera perikasakan ke dokter jika anda terkena penyakit ini. Dokter akan mengambil contoh darah untuk memeriksa tingkat hormon tiroid. Bila diagnosa ini terpastikan, anda akan diobati dengan obat tiroid atau iodin radioaktif, yang biasanya efektif seketika. Pada beberapa kasus, pembedahan untuk membuang sebagian kelenjar mungkin diperlukan.”

“Banyak berkeringat saat tidur sampai terbangun karenanya disertai dengan batuk rejan dan berat badan turun drastis merupakan gejala dari infeksi kronis seperti tuberkulosis, sakit sertaan AIDS atau sejenis kanker. Setelah penelitian awal dengan misalnya sinar-X serta tes darah, dokter anda mungkin akan merujuk anda ke spesialis untuk tes lebih lanjut atau pun penanganan lebih cermat”.

“Episoda merasa gerah dan berkeringat, disebut ‘hot flushes’ adalah gejala wajar di awal timbulnya masa menopause. Banyak wanita yang sudah siap menghadapi ‘hot flushes’, tahu bahwa hal itu akan hilang dengan sendirinya dalam sekitar setahun. Namun anda bisa menanyakannya ke dokter, yang akan memberikan saran terapi penggantian hormon.”

“Berkeringat adalah respon tubuh terhadap demam (suhu tubuh di atas 38 derajat celsius) dan bagian dari mekanisme norma pengatur temperatur tubuh.”

“Pada sebagian wanita, perubahan tingkat hormon seks bisa menyebabkan peningkatan keringat saat haid. Hal ini tak perlu dicemaskan, namun periksakan ke dokter bila anda khawatir.”

“Mengkonsumsi alkohol berlebihan bisa menyebabkan timbulnya keringat berlebihan. Hentikan konsumsi alkohol.”

“Obat tertentu misalnya beberapa jenis antidepresan dan aspirin, mempunyai efek samping keringat berlebihan. Hentikan pemakaian obat bebas dan konsultasikan ke dokter. Sementara itu, jangan hentikan pemakaian obat resep.”

“Tangan dan kaki memiliki kelenjar keringat terbanyak (bawah artikel ini). Karena itu, bagian tubuh ini akan beraksi paling nyata terhadap kenaikan temperatur tubuh. Hal semacam ini tidak perlu dicemaskan. Bila keringat semakin banyak saat anda cemas atau waswas, berlatihlah relaksasi yang bisa digunakan di saat-saat menegangkan. Cuci tangan dan kaki anda lebih sering. Bila langkah tersebut kurang efektif, konsultasikan ke dokter. Untuk kasus parah banyak berkeringat di tangan, bedah untuk menyingkirkan saraf pengontrol kelenjar keringat di tangan bisa dipertimbangkan.”

“Ketegangan emosi bisa meningkatkan keringat. Hal ini sendiri tidak perlu dicemaskan, namun bila hal itu selalu terjadi atau menyebabkan malu, berlatihlah relaksasi. Konsultasikanlah ke dokter bila relaksasi kurang berhasil membantu.”

“Pada remaja, kelenjar keringat apokrin (lihat bawah artikel) menjadi aktif. Hal ini biasanya berkaitan dengan peningkatan keringat yang terutama jelas tampak di bawah lengan. Hal ini sangat normal. Pastikan anda rajin mandi. Anda mungkin juga perlu memakai deodoran antiperspiran untuk mengurangi keringat dan mencegah bau badan.”



Mengatasi Berkeringat Berlebihan


Keringat berlebihan bisa sangat memalukan, terutama bila hal itu menimbulkan bau badan atau membuat tangan jadi basah dan licin. Sering mandi dan memakai pakaian dari serat alam yang menyerap keringat akan bisa mengurangi bau badan. Deodoran ketiak yang mengandung anti-perspiran akan membantu mengurangi keringat dari ketiak. Deodoran seperti itu bisa dibeli dalam bentuk spray, roll-on, atau pun krim, semua deodoran ini sama efektifnya.

Bila langkah-langkah tersebut tidak membantu mengatasi keringat berlebihan, tanyakan ke petugas apotek atau dokter. Selain itu, dokter bisa merespkan gel atau krim mengandung aluminium khlorida untuk dioleskan ke kulit untuk mengurangi aktifitas kelenjar keringat. Bila kelenjar keringat anda masih berlebihan, terutama di tangan, dokter bisa menyarankan anda menjalani operasi untuk mengangkat saraf di belakang leher yang memasok kelenjar keringat di bawah lengan dan telapak tangan. Operasi ini akan sangat mengurangi keringat di bagian-bagian tersebut.



Kelenjar Keringat

Kelenjat keringat terdapat di lapisan kulit yang bernama dermis dan membashi (mengeluarkan keringat) melalui pori-pori di permukaan kulit. Ada dua jenis kelenjar keringat, kelenjar ekrin dan kelenjar apokrin, yang masing-masing mengeluarkan keringat yang berbeda-beda.


Kelenjar ekrin

Kelenjar ini ada di seluruh tubuh dan aktif sejak lahir. Keringat dari sini adalah cairan jernih asin mengandung berbagai buangan kimiawi tubuh. Keringat berevaporasi di permukaan kulit untuk meurunkan temperatur sesuai kebutuhan. Kelenjar ekrin juga memproduksi keringat saat kita was was atau takut. Kelenjar ekrin terbanyak ada di dahi, telapak tangan dan kaki, dan keringat berlebihan biasanya dimulai dari daerah-daerah tersebut.


Kelenjar apokrin

Di usia remaja, kelenjar apokrin menjadi aktif. Kelenjar ini terutama terdapat di ketiak, daerah kelamin dan sekitar puting. Kelenjar ini menghasilkan cairan berisi lemak dan protein. Aroma dari kelenjar ini diduga berperan dalam menarik pasangan lawan jenis. Namun, bila dibiarkan tinggal di kulit cukup lama, bisa berinteraksi dengan bakteri dan menimbulkan bau badan,

No comments:

Post a Comment