Wednesday, April 15, 2015

RUAM DISERTAI DEMAM (ANAK USIA DI ATAS 1 TAHUN)

Pada anak-anak, kombinasi gejala ini (ruam disertai demam) sering disebabkan oleh infeksi virus, namun pada beberapa kasus hal ini bisa disebabkan infeksi bakteri serius, misalnya meningitis, yang memerlukan perhatian medis segera. Imunisasi bisa melindungi anak terhadap infeksi bakteri atau virus tertentu namun tetap rawan terserang beberapa infeksi dan bisa terserang bentuk ringan dari penyakit yang sudah di-imun-kan sebelumnya.




"Adakah ruam berbentuk lepuh-lepuh kecil ketika anak anda demam ? jika iya, mungkin anank anda terserang cacar air, suatu infeksi oleh virus herpes zoster. Pada anak-anak, hal ini biasanya merupakan infeksi ringan dan kebanyakan anak hanya akan merasa lesu selama beberapa hari pertama. Periksakan ke dokter bila gejalanya parah. Jagalah kuku si anak tetap pendek agar bila ia menggaruk tidak menimbulkan parut. Gatal bisa diredakan dengan menambahkan baking-soda pada air mandi si anak dan mengoleskan losyen kalamin pada bintiknya. Untuk meredakan demamnya, baca artikelnya di blog ini."

"Adakah terlihat ruam atau bintik merah jambu ? rubela atau juga disebut campak-jerman adalah sebiah kemungkinan, terutama bila si anak juga timbul pembengkakan kelenjar."

Apakah ruamnya hanya di tangan, kaki dan di mulut ? jika iya, si anak mungkin terserang penyakit tangan, kaki, dan mulut yaitu sebuah infeksi virus ringan. Periksakan ke dokter, yang akan memastikan diagnosa ini. Tidak ada penanganan khusus untuk kondisi ini, namun bila mulut si anak terasa perih, redakan nyerinya (baca ‘Meredakan Mulut Perih’). Jaga agar si anak banyak minum (baca ‘Mendorong Anak Agar Minum’) untuk mencegah dehidrasi."

"Apakah tengggorokannya perih sekali ? demam merah, yaitu infeksi tenggorokan oleh bakteri, mungkin penyebab gejala ini, terutama bila si anak juga muntah dan ruamnya tampak mengumpul di lipatan-lipatan kulit, misalnya ketiak. Dokter akan memeriksa si anak untuk memastikan diagnosa ini, dan mungkin meresepkan obat antibiotika. Lakukan tindakan meredakan demam dan tenggorokan perih (ada di blog ini)."

"Apakah matanya merah, hidungnya berlendir, dan.atau batuk kering ? sangat mungkin ini adalah gejala campak, walaupun si anak sudah pernah menjalani imunisasi terhadap infeksi ini. Dokter akan memeriksa untuk memastikan diagnosa ini dan bisa meresepkan obat antibiotika. Pastikan agar si anak banyak minum dan bertindaklah menurunkan demamnya."

"Apakah usia si anak di bawah 2 tahun dan apakah mengalami demam tinggi 3-4 hari sebelum timbul ruam di tubuhnya ? si anak mungkin menderita roseola infantum, suatu infeksi yang umum di usia dini. Kondisi ini sulit terdiagnosa sebelum timbul ruam karena satu-satunya gejala hanyalah demam. Begitu ruamnya muncul, biasanya si anak sudah akan sembuh. Bila anda menduga si anak terserang penyakit ini dan demamnya masih ada, bawalah ke dokter, yang akan melakukan pemeriksaan dan beberapa tes untuk menghilangkan kemungkinan penyebab lain yang serius."

"Apakah usia si anak di bawah 6 tahun dan adakah salah satu gejala berikut ; tangan dan kaki membengkak, bibir kering merekah dan bengkak, telapak tangan dan kaki merah, mata merah, kelenjar membengkak. Jika iya, penyakit kawasaki, suatu kondisi jarang yang belum jelas penyebabnya, dan bisa merusak jantung dan sendi, adalah sebuah kemungkinan. Bila menduga si anak terserang penyakit kawasaki, dokter akan merujuk si anak ke rumah sakit untuk dipantau dan ditangani demi mengurangi resiko komplikasi jantung."

"Kemungkinan penyebab mungkin ia alergi pada obat resep ini, atau mungkin terinfeksi virus yang tidak tertumpas oleh virus tersebut. Tindakan dokter akan memeriksa dan mentapkan penyebab gejalanya. Bila benar karena alergi obat, dokter akan bisa memberitahukan bahwa si anak kelak harus selalu menghindari obat jenis tersebut."

"Kemungkinan penyebab dan tindakan anak anda mungkin menderita erythema infectiosum, membuat pipi seperti berbekas tertampar. Infeksi virus ini biasanya bersifat ringan, lakukan tindakan menurunkan demam. Diagnosa ini harus dipastikan oleh dokter bila si anak barubersentuhan dengan wanita hamil. Bila anda cemas atau si anak belum membaik dalam 24 jam, periksakanlah ke dokter."

"Memeriksa ruam merah. Bila di tubuh seorang tumbuh bercak merah gelap atau ungu, periksa apakah bercaknya memudar ketika ditekan dengan menekankan sebuah gelas bening. Bila bercaknya bisa terlihat, mungkin ini sebuah bentuk lebam yang disebabkan oleh perdarahan di bawah kulit dan bisa terjadi pada penderita meningitis. Bila terdapat ruam yang tidak memudar, segeralah bawa kerumah sakit."



Infeksi virus yang menimbulkan ruam
Banyak infeksi virus yang menimbulkan demam dan ruam. Semakin serius infeksinya, misalnya campak, menjadi semakin jarang timbul karena adanya jadwal imunisasi. Banyak diantaranya yang juga bisa menyerang orang dewasa, yang gejalanya bisa lebih parah dari anak-anak. Masa inkubasi adalah selang waktu antara saat terinfeksi dengan saat timbulnya gejala pertama.



No comments:

Post a Comment