Monday, April 20, 2015

GATAL-GATAL PADA ANAK (USIA DI ATAS 1 TAHUN)

Gatal-gatal adalah gejala yang umum dan mengesalkan pada seorang anak dan bisa timbul oleh banyak hal, termasuk iritasi eksternal ataupun infeksi oleh parasit. Setiap keluhan gatal perlu segera diatasi, karena bila berlarut-larut, menggaruk akan meni bulkan infeksi atau perubahan di kulit, yang selanjutnya akan memperhebat gejalanya.




"Kulit kering seringkali terasa gatal. Kecenderungan berkulit kering merupakan bakat bawaan dan biasa dialami anak yang suka berenang atau memakai sabun yang kuat. Bila anak anda berkulit kering, berikan padanya minyak mandi emolien, bukan sabun, dan lakukan tindakan meredakan gatal (di bawah artikel). Bila si anak sering berenang, biasakan dia membilas tubuh sesudahnya lalu mengolesi kulit dengan pelembab."

"Apakah gatalnya hanya di daerah anus, danapakah hanya terjadi di malam hari ? Mungkin si anak terinfeksi cacing benang. Cacing putih halus sepanjang 1cm ini menginfeksi usus dan bertelur di sekitar anus di malam hari, dan menyebabkan iritasi di daerah anus dan kemaluan. Walau tidak berbahaya, cacing ini bisa menular atau masuk melalui makanan yang sudah terkontaminasi. Periksakanlah ke dokter. Setelah memeriksa si anak, bila mendiagnosa cacing benang maka dokter akan meresepkan obat pembunuh cacing tersebut. Semua anggota keluarga juga harus diobati untuk mencegah terinfeksi-ulang. Pastikan si anak membasuh tangannya lebih cermat sebelum makan dan setiap selesai dari kamar kecil."

"Iritasi kulit akibat sensifitas terhadap bahan kimia tertentu bisa menyebabkan gatal meluas. Hindari pemakaian produk berpewangi dan bubuk pencuci biologis. Setiap kali mencuci, pastikan membilasnya sampai bersih. Oleskan emolien, misalnya krim yang larut air, pada kulit si anak dan lakukan tindakan meredakan gatal (bawah). Bila gejalanya menetap, periksakanlah ke dokter."

"Apakah si anak tampak sangat gatal dengan/tanpa ada garis kelabu di sela jari atau pergelangan tangan ? scabies, sejenis infeksi parasit, mungkin penyebab gejala seperti ini. Kutu scabies membenamkan diri di bawah kulit sela-sela jari dan di pergelangan, serta menimbulkan ruam meluas di telapak tangan dan kaki bayi. Scabies sangat menular. Dokter mungkin akan meresepkan losyen obat, yang perlu dioleskan ke seluruh tubuh si anak dari leher ke bawah. Semua anggota keluarga juga perlu diobati serentak, dan semua pakaian dan alas tidur perlu dicuci. Kutu akan mati dalam 3 hari setelah diobati, namun gatalnya bisa berlanjut sampai 2 minggu."


TINDAKAN SENDIRI : Meredakan Gatal
Berikut ini beberapa tindakan yang bisa membantu meredakan gatal yang dialmi pada seorang anak ;


  • Bila si anak berkulit kering, mandikan dia dengan air hangat dan minyak emolien. Emolien, seperti krim larut-air, perlu dioleskan 2 kali sehari.
  • Pastikan pakaiannya terbuat dari katun
  • Untuk mencegah luka garuk, kaga kukunya tetap pendek dan bila perlu, kenakan sarung tangan katun di saat ia tidur.
  • Obat antihistamin yang dijual bebas bisa membantu mengontrol gatal yang parah.


No comments:

Post a Comment