Friday, April 17, 2015

MASALAH KULIT PADA ANAK (USIA DI ATAS 1 TAHUN)

Bintik dan ruam di usia anak biasanya disebabkan oleh iritasi atau peradangan di kulit akibat masalah setempat, misalnya reaksi alergi. Namun ruam yang disertai demam bisa disebabkan oleh infeksi umum (baca ‘Infeksi virus penyebab ruam’ di artikel blog ini). Ruam yang tidak disertai demam atau lesu mungkin tidak perlu dicemaskan, namun bila terasa gatal atau perih, periksakanlah ke dokter. Segera bawalah ke rumahsakait bila ruamnya disertai sesak nafas dan/atau wajah membengkak.




"Apakah kulit terasa gatal dan/atau apakah si anak menggaruk-garuk ? adakah satu atau lebih bintik yang gatal ? jika semua jawabannya iya, mungkin anak anda terkena gigitan serangga, misalnya nyamuk atau ngengat, terutama bila bintiknya memiliki sebuah pusat yang jelas. Cegahlah si anak menggaruk, obat bebas antihistamin atau losyen kalamin akan bisa meredakan gatalnya. Periksakanlah ke dokter bila bintiknya tidak hilang dalam beberapa hari, agar bisa dihapuskan kemungkinan scabies sebagai penyebabnya."




"Adakah kulit yang merah meradang yang bisa melepuh, di satu atau lebih bagian berikut ; siku bagian dalam, belakang lutut, bagian dalam pergelangan tangan, wajah, pergelangan kaki. Jika ada, si anak mungkin terkena eksim atopik, yaitu suatu bentuk reaksi alergi. Diagnosa ini semakin mungkin bila ada anggota keluarga yang juga menderita eksim atau alergi. Periksakanlah ke dokter. Bila diagnosa ini terpastikan, dokter akan meresepkan krim kartikosteroid atau antibiotika. Lakukan tindakan mengatasi eksim atopik (bawah artikel) dan juga meredakan gatal. Banyak anak-anak penderita eksim atopik bisa bebas dari kondisi ini pada usia 8 tahun."

"Urticaria, suatu reaksi alergi yang disebut biduran yang menyebabkan kulit terasa gatal dan terdapat satu atau lebih bilur merah terang di kulit, penyebabnya seringkali tidak diketahui. Jarang terjadi, hal itu bisa merupakan bagian dari reaksi alergi yang lebih melebar. Biasanya tak perlu dirawat, namun antihistamin (obat bebas) akan bisa meredakan gatalnya. Periksakan ke dokter bila urticaria bertahan sampai lebih dari 24 jam atau bila hal itu sering timbul. Bila bengkak atau mengenai mulut atau lidah, segera bawalah ke rumahsakit."


"Beberapa jenis jamur menginfeksi daerah lembab dan hangat di lipatan kulit ; misalnya ketiak atau selangkang, dan ada jenis yang menyerang anggota tubuh dan tubuh. Periksakanlah ke dokter, dokter akan meresepkan krim antijamur untuk si anak dan mungkin juga tablet antijamur."

"Bila terdapat bilur merah meradang yang juga mengelupas, mungkin penyebabnya adalah dermatitis sebotthoeic, kelainan kulit yang tidak berbahaya. Biasa terjadi di bagian kulit yang berminyak, tepian batas rambut, alis dan hidung. Solusinya, hindari pemakaian sabun dan produk mandi lain di bagian yang terserang. Gunakanlah emolien, misalnya krim aqueous untuk membersihkan dan melembabkan kulit. Kondisi ini sering membaik bila kulit kepala dicuci dengan shampo anti ketombe atau yang mengandung ketokanazola. Bila ruamnya tidak membaik dalam seminggu atau bila anda khawatir, periksakanlah ke dokter, yang akan bisa meresepkan kartikosteroid."

"Adakah beberapa bintil mirip mutiara berdiameter sampai 5 mm, mengitari sebuah bintil pusat ? Molluskum Contagiosum, suatu infeksi virus di kulit yang tidak berbahaya namun menular, sangat mungkin penyebabnya. Bintil ini akan hilang sendiri tanpa diobati, namun bisa sampai 2 tahun. Sementara itu, ia bisa membuat baju tersangkut dan tampak mencolok. Setiap bintil bisa diatasi oleh dokter, namun karena prosesnya sakit dan bisa meninggalkan parut, biasanya lebih baik dibiarkan hilang sendiri."

"Apakah si anak tampak sangat gatal dengan/tanpa ada garis kelabu di sela jari atau pergelangan tangan ? scabies, sejenis infeksi parasit, mungkin penyebab gejala seperti ini. Kutu scabies membenamkan diri di bawah kulit sela-sela jari dan di pergelangan, serta menimbulkan ruam meluas di telapak tangan dan kaki bayi. Scabies sangat menular. Dokter mungkin akan meresepkan losyen obat, yang perlu dioleskan ke seluruh tubuh si anak dari leher ke bawah. Semua anggota keluarga juga perlu diobati serentak, dan semua pakaian dan alas tidur perlu dicuci. Kutu akan mati dalam 3 hari setelah diobati, namun gatalnya bisa berlanjut sampai 2 minggu."

"Impetigo, suatu infeksi kulit oleh bakteri yang biasa sering menyerang wajah. Indikasinya yaitu kulit si anak meradang atau melepuh lalu mengering dan berkerak keemasan. Bila dokter membenarkan diagnosa ini, mungkin anda akan disarankan untuk menghilangkan keraknya secara hati-hati dengan air hangat. Dokter juga bisa meresepkan krim antibiotik atau, bila kondisinya meluas, antibiotika oral. Sampai infeksinya bersih, pisahkan handuk dan alat pembersih si anak agar tidak menulari orang/anak lain. Jauhkan si anak dari anak lain ketika ia sedang terinfeksi."

"Kebanyakan kutil akan hilang sendiri, namun bisa sampai bulanan atau bahkan tahunan. Obat kutil akan bisa mempercepat prosesnya. Namun, bila kutilnya menetap setelah diobati atau bila menyakitkan, bawalah ke dokter yang akan bisa menyarankan penanganan lain, misalnya dengan pembekuan."

"Obat tertentu bisa menyebabkan masalah kulit sebagai efek samping. Hentikan pemberian semua obat-bebas dan konsultasikanlah ke dokter. Sementara itu, jangan hentikan pemakaian obat resepnya."

PERINGATAN
Segera bawalah ke rumahsakit bila timbul bintik rata merah terang yang tidak hilang bila ditekan yang disertai lesu pada seorang anak. Gejala seperti ini bisa berkaitan dengan meningitis.


TINDAKAN SENDIRI : Eksim Atopik
Ruam gatal eksim biasanya mempengaruhi kulit di bagian dalam sendi seperti siku dan lutut. Bila anak anda menderita eksim, tindakan berikut bisa membantu meredakan gejala atau mengurangi jumlah pemicunya ;

  • Mandikan dengan air hangat, bukan air panas, dan tambahkan minyak mandi emolien.
  • Sediakan larutan pembersih bebas-sabun, misalnya krim aqueous.
  • Oleskan krim emolien beberapa kali sehari.
  • Pastikan pakaiannya terbuat dari katun untuk mengatasi iritasi.
  • Jaga agar ia tidak terkena pilek, yang bisa menyebabkan infeksi virus yang serius.
  • Kenalilah pemicunya, misalnya telur, lalu tanyakan ke dokter pola-makan tanpa zat itu.

Lakukan juga langkah-langkah meredakan gatal (ada di blog ini).

No comments:

Post a Comment