Sunday, April 19, 2015

MASALAH RAMBUT, KULIT KEPALA DAN KUKU PADA ANAK-ANAK (USIA DI ATAS 1 TAHUN)

Pada umumnya, pola makanan yang seimbang akan membantu rambut dan kuku seorang anak tetap sehat dan kuat. Gunakan sikat lembut untuk rambut anak kecil, karena rambutnya masih amat mudah rusak. Bila si anak berambut panjang, hindari mengepangnya terlalu kencang atau memiliki karet pengikat tanpa pembungkus. Pada anak-anak, masalah rambut yang paling banyak memerlukan perawatan adalah infeksi jamur dan kuku.




"Apakah baru-baru ini di kepala si anak timbul alur botak ? Alopecia areata, yaitu jika sistem kekebalan tubuh menyerang folikel rambut, adalah sebuah kemungkinan. Konsultasikan ke dokter. Pada anak-anak, kondisi ini biasanya akan membaik sendiri. Akan tumbuh rambut baru dalam 6-9 bulan. Bila kondisinya tidak membaik, dokter akan bisa meresepkan krim kortikosteroid."

"Apakah kulit kepala anak anda mengelupas dan/atau meradang di bagian yang rambutnya rontok ? Cacing gelang, suatu infeksi jamur, bisa menimbulkan botak bila menyerang kulit kepala. Konsultasikan ke dokter. Bila diagnosa ini sudah pasti, mungkin dokter akan meresepkan serangkaian pengobatan antijamur. Begitu infeksinya hilang, rambutnya akan tumbuh kembali."

"Kebanyakan kulit bayi akan lepas di tahun pertama dan berangsur digantikan oleh rambut yang lebih tebal. Gesekan dengan baju tidur atau tempat duduk bayi bisa menyebabkan lepasnya rambut halus ini sampai terlihat mencolok di beberapa tempat."

"Kebanyakan kulit bayi akan lepas di tahun pertama, biasanya tampak jelas dengan menipisnya rambut untuk periode yang singkat. Dalam beberapa bulan berikutnya, rambut baru yang lebih kuat akan tumbuh menggantikannya. Pada beberapa kasus, warna rambut yang baru bisa berbeda dari warna semula."

"Obat tertentu, terutama yang untuk mengatasi kanker, bisa berefek samping rambut rontok. Periksakanlah ke dokter. Sementara itu, jangan hentikan pemakaian obat resep si anak. Pertumbuhan rambut seringkali akan kembali normal setelah pemberian obat dihentikan atau pengobatan terselesaikan. Rambut rontok yang disebabkan pengobatan kanker akan tumbuh kembali, walaupun awalnya akan sangat halus dan lemas. Si anak perlu memakai topi ketika di luar ruangan untuk melindungi kulit kepala dari sengatan matahari."

"Sakit cukup lama atau sesudah operasi bisa menghentikan siklus normal pertumbuhan rambut, menyebabkan banyak rambut akan rontok bersamaan, konsultasikan ke dokter. Dokter akan memeriksa kesehatan umum si anak. Selama si anak dalam keadaan sehat, siklus pertumbuhan rambut akan kembali normal dalam 6 bulan."

"Apakah anak anda merasa gatal di kulit kepala ? Kemungkinan ia terserang kutu kepala. Kutu tertular melalui kontak rapat. Sisir rambutnya dengan sisir rapat dan halus di atas selembar kertas putih untuk memastikan adanya kutu. Panjang serangga halus hitam ini kurang dari 2mm. Telurnya kadang-kadang bisa terlihat melekat di helai rambut. Kutu kerala bisa dihilangkan dengan ramuan yang bisa dibeli bebas (baca 'tindakan sendiri' di bawah)."

"Menggigit kuku mungkin ia tiru dari anak lain atau timbul sebagai kebiasaan gugup. Menggigit kuku adalah umum pada anak-anak dan tidak membahayakan kesehatan, namun bisa menimbulan perih dan tampak tidak elok. Pada kasus yang jarang, terbukanya kulit di ujung jari bisa terinfeksi oleh bakteri dari mulut. Cobalah memotong kuku si anak dengan rapi dan halus. Ingatkan dia setiap kali melakukan kebiasaannya itu, namun jangan terlalu galak agar tidak membuat kebiasaan ini menjadi-jadi. Mengoleskan zat pahit di kuku si anak, layak dicoba. Periksakan ke dokter bila kulit di sekitar kuku menjadi merah atau meradang, karena mungkin sudah terjadi infeksi."

"Apakah kulit kepala anak anda mengelupas ? Mungkin si anak terserang ketombe, yaitu sebuah bentuk dermatitis seborrhoeik yang sering disertai dengan infeksi kulit kepala. Namun mengelupasnya kulit kepala juga bisa disebabkan hal lain, misalnya psoriasi. Shampo anti-ketombe atau shampo yang mengandung ketokanazol akan bisa memperbaiki kondisi ini. Bila kulit kepala si anak tidak membaik dalam 4 minggu, periksakan ke dokter."

"Adakah bagian yang memerah dan sakit di sekitar kuku ? Infeksi jamur di sekitar kuku mungkin penyebabnya. Periksakan ke dokter, yang akan bisa meresepkan krim antijamur. Jauhkan sebisa mungkin tangan si anak dari air sampai kondisinya membaik."


"Paronikhia akut, yaitu infeksi oleh bakteri di kulit dekat kuku, dengan indikasi kulit di sekitar kuku memerah dan sakit yang timbul dengan cepat dalam 24 jam setelah terinfeksi. Periksakanlah ke dokter. Dokter mungkin akan meresepkan krim atau tablet antibiotika. Bila timbul nanah mungkin perlu dikeringkan dengan di bawah pembiusan lokal."


TINDAKAN SENDIRI : Mengobati Kutu Kepala
Berlawanan dengan anggapan umum, kutu rambut sebenernya lebih menyukai rambut yang bersih, bukan yang kotor. Kutu rambut bisa diobati dengan losyen atau shampo yang dijual bebas. Ikuti petunjuk di kemasannya, lalu singkirkan kutu yang mati dan telurnya dengan memakai sisir yang rapat dan halus. Pilihan lain, lapisi rambutnya dengan kondisioner dan sisirlah dengan sisir halus setiap hari, atau memakai sisir listrik yang bisa membunuh kutu. Apapun metode yang anda pakai, lakukan juga pada semua anggota keluarga dan cucilah semua sisir dan handuk dalam air hangat untuk mencegah terinfeksi kembali.

Merawat Rambut dan Kuku Anak Anda


Untuk menjaga rambut anak anda tetap bersih dan sehat, keramasilah sekitar 2 kali seminggu. Bila si anak tidak suka dikeramas, cobalah menggunakan tudung keramas yang pas dengan kepalanya atau pakailah shampo yang tidak pedih di mata. Keramasi rambutnya baik-baik untuk menghilangkan semua kerak dan sisirlah selagi masih lembab. Bila mungkin, biarkan mengering secara alami.
Jagalah kuku anak anda tetap pendek untuk mencegah luka bila ia menggaruk. Kuku pendek juga mudah dibersihkan. Gunakan gunting berujung tidak runcing, bentuklah kuku tangan mengikuti bentuk ujung jari, sedangkan kuku kaki berbentuk rata tegaklurus jari kaki.

No comments:

Post a Comment