Friday, July 31, 2015

MASALAH-MASALAH KAKI PADA ANAK

Tulang-kaki seorang anak masih lunak, tidak seperti di bagian lain tubuh, dan bisa terdistorsi oleh sepatu yang kurang pas. Kaki anak tumbuh dengan cepat, sehingga anda perlu rajin memeriksa ukuran sepatunya. Sebaiknya seorang anak tidak memakai sepatu bekas-pakai. Kaki juga bisa rusak karena memakai sepatu tumit-tinggi atau sepatu berujung runcing dalam waktu lama. Walau tidak timbul gejala seketika, pemakaian sepatu yang kurang pas bisa menimbulkan keluhan di kemudian hari. Kebanyakan masalah pengganggu kaki seorang anak hanya karena penyebab ringan, misalnya veruccas (mata-ikan), dan bisa diatasi sendiri. Namun bila kaki si anak sangat nyeri, atau bengkak, atau tidak bisa diatasi sendiri, periksakanlah ke dokter.





"Verucca atau mata ikan ialah kutil yang tumbuh ke dalam telapak kaki karena tekanan dari berat badan. Kondisi ini disebabkan oleh infeksi virus di kulit. Kebanyakan mata ikan akan hilang sendiri, namun hal itu bisa berlangsung beberapa bulan atau tahun. Banyak obat bebas yang bisa mengatasi mata ikan secara efektif. Bila mata ikan masih ada walau sudah diobati, periksakan ke dokter, yang akan bisa menghilangkannya dengan pembekuan, pembakaran, atau pengerukan."

"Bila tampak ada benda tersusup di kulit, keluarkan dengan memakai pinset. Setelah benda tersebut dikeluarkan, lukanya akan segera sembuh. Bila bendanya terbenam terlalu dalam, atau bila penyebabnya tidak ditemukan serta sakitnya belum berkurang sampai esok harinya, segera periksakan ke dokter dalam 24 jam.”

"Adakah kulit di sekitar jari kaki yang mengelupas, gatal dan meradang? Jika iya, 'kaki atlet', sebuah infeksi jamur, adalah penyebab paling mungki. Biasakan membasuh dan mengeringkan kaki si anak secara teratur, terutama di sela-sela jari, lalu oleskan krim antijamur yang dijual bebas. Ketika berada dalam ruangan, biarkan si anak memakai sandal terbuka atau telanjang kaki. Bila gejalanya masih bertahan sampai 2 minggu, periksakanlah ke dokter. Bila timbul merah dan bengkak di jari-jari kakinya, bawalah ke dokter dalam 24 jam."

"Bila si anak terlahir dengan jari kaki menekuk, mungkin tak ada yang perlu dicemaskan. Namun bila hal itu menimbulkan sakit atau malu, operasi untuk meluruskan jari kaki bisa disarankan setelah si anak lebih besar. Bila timbulnya baru-baru saja, hal itu mungkin disebabkan oleh sepatu atau kaus kaki yang kekecilan. Pastikan si anak memakai sepatu dan kaus kaki yang pas."


"Bengkak merah meradang di sekitar ibu jari kaki si anak kemungkinan besar disebabkan oleh kuku jempol tersebut tumbuh ke dalam. Hal ini disebabkan oleh pemotong kuku yang kurang benar atau mengenakan sepatu yang terlalu sesak. Tindakan, selalulah memakai sepatu yang pas, serta senantiasa guntinglah kukunya rata, bukannya melengkung."

"Anak berusia di bawah 3 tahun biasanya berkaki rata karena otot, ligamen, dan tulang di kakinya belum tumbuh sepenuhnya. Bantalan lemak di kaki anak kecil juga akan membuatnya tambak gembung. Tak ada yang perlu dicemaskan pada usia ini, karena lengkungan normal telapak kaki akan timbul dengan bertambahnya usia si anak."

"Kaki leper seringkali merupakan bakat bawaan. Pada kondisi ini, ligamen di kaki agak kendur dan hanya membentuk lengkungan ketika si anak berdiri atau berjinjit. Kaki-leper jarang menimbulkan kekhawatiran dan tidak menghalangi anak berolahraga ataupun menimbulkan masalah di kemudian hari. Latihan-latihan khusus dan pengganjal sepatu hampir selalu tidak efektif dan tidak diperlukan. Bila kaki si anak terasa nyeri atau bila anda mencemaskannya, periksakanlah ke dokter."

No comments:

Post a Comment