Tuesday, July 7, 2015

NYERI DI LENGAN ATAU KAKI ANAK

Para orangtua sering menyebut sakit berulang di anggota tubuh seorang anak sebagai 'nyeri pertumbuhan' (ada di bawah artikel ini). Namun cedera ringan lebih mungkin jadi penyebabnya. Terkilir biasanya tidak membahayakan, namun patah tulang (fraktur) selalu menuntut tindakan medis. Kejang adalah penyebab umum nyeri anggota tubuh, namun bisa diredakan sendiri; diurut, sedikit meregang otot di bagian yang terkena, lalu dibekap dengan botol air panas terbungkus kain, bila perlu. Setiap nyeri yang tanpa penyebab jelas atau menetap, harus segera diperiksakan ke dokter.





"Terkilir ringan pada ligamen atau otot anggota tubuh bisa terjadi setelah mengalami sebuah cedera atau jatuh. Tindakan, ikuti langkah-langkah mengatasi terkilir pada anak-anak (ada di blog ini). Bila sakitnya parah atau tidak berkurang sampai esok harinya, periksakan ke dokter dalam 24 jam"

"Radang atau bengkak di satu daerah anggota tubuh mungkin disebabkan oleh infeksi tulang atau jaringan di sekitarnya. Setelah memerik sanya mungkin dokter akan merujuk menjalani tes darah dan sinar-X. Infeksi tulang akan memerlukan pengobatan antibiotika jangka panjang, yang awalnya akan diberikan di rumahsakit."

"Jika ada anggota tubuh yang tak bisa digerakkan, mungkin disebabkan oleh lepas-sendi atau patah-tulang. Si anak perlu menjalani pemeriksaan sinar-X untuk menetapkan lingkup kerusakannya. Sendi atau tulangnya mungkin perlu dikembalikan ke posisi semula di bawah pembiusan umum, lalu dikunci-diam dengan pembalut dan/atau balut-kertas (gips) beberapa minggu agar ligamen yang robek dan/atau tulang yang patah pulih kembali."

"Terasa sakit menyeluruh yang disertai demam biasanya disebabkan oleh infeksi virus, misalnya flu. Ikuti langkah-langkah menurunkan demam (ada di blog ini). Bila nyerinya sangat atau tidak berkurang sampai esok harinya, bawalah ke dokter dalam 24 jam."


Nyeri Pertumbuhan

Banyak anak mengeluhkan sakit di anggota tubuh, terutama di tungkai. Serangan nyeri ini sering disebut sebagai 'nyeri pertumbuhan'. Sebenarnya, pertumbuhan tidak menimbulkan nyeri, penyebab nyeri pertumbuhan ini tidak diketahui.


Nyeri pertumbuhan selalu terjadi di larut sore serta malam hari. Sakitnya selalu di kaki, dan seringkali paling terasa di paha dan otot betis. Pada beberapa kasus, sakitnya juga menyerang lengan.
Nyeri pertumbuhan tidak memerlukan bantuan medis. Namun pada beberapa kasus, nyeri anggota tubuh mungkin disebabkan benturan yang tidak disadari atau ada kelainan di tulang atau sumsum. Periksakan ke dokter bila nyeri anggota tubuh seorang anak disertai lemas, terjadi di pagi hari, atau mempengaruhi kemampuan si anak menggunakan anggota tubuhnya, karena nyeri yang seperti itu bukanlah 'nyeri pertumbuhan'. Bila seorang anak mengeluh nyeri anggota tubuh yang disertai sakit perut, ada kemungkinan bahwa itu adalah gejala fisik dari masalah emosional, misalnya kecemasan atau ketakutan.

No comments:

Post a Comment