Thursday, July 30, 2015

MASALAH-MASALAH SENDI DAN PUNGGUNG ANAK

Masalah serius pada sendi dan punggung adalah tidak biasa pada anak-anak. Sendi yang nyeri atau bengkak seringkali diakibatkan oleh regangan atau terkilir ringan pada otot atau ligamen di sekitar sendi. Namun nyeri atau bengkak di sendi juga bisa akibat arthritis (radang sendi). Arthritis lebih jarang terjadi pada anak-anak dibandingkan dengan orang dewasa. Namun, pada anak-anak hal ini bisa menyerang organ dalam, misalnya jantung dan ginjal. Masalah di tulang punggung mungkin baru akan timbul di usia remaja, dan memerlukan penelitian medis. Nyeri punggung parah pada anak usia berapa pun, memerlukan perhatian medis segera.





"Arthritis septik, yaitu radang sendi akibat infeksi, menyebabkan sendi merah, panas, atau bengkak, juga disertai demam. Dokter bisa merujuk untuk diperiksa di rumahsakit. Mungkin diperlukan pemeriksaan dan analisis contoh cairan sendi untuk memastikan diagnosa. Bila diagnosanya arthritis septik, si anak akan diobati dengan antibiotika di rumahsakit."

"Penyakit kulit Henoch-Schonlein, yaitu beberapa pembuluh darah halus menjadi rapuh dan darah merembes. Sejumlah kecil darah bisa merembes ke sendi, kulit, usus, dan ginjal, menimbulkan nyeri. Namun kondisi ini tidak berbahaya. Dokter akan memeriksa dan meminta hasil tes darah dan urin untuk memastikan diagnosa ini. Bila gejalanya ringan, tidak diperlukan tindakan medis, bila nyerinya parah, akan diresepkan obat kortikosteroid. Kondisi ini biasanya akan menghilang dalam kurang dari sebulan tanpa meninggalkan kerusakan permanen."

"Apakah si anak terbangun di tengah malam karena sakit di punggung, atau punggung kaku pada saat terbangun? Jika iya, mungkin terjadi masalah serius, misalnya kelainan tulang atau arthritis di tulang punggung. Dokter akan meminta pemeriksaan sinar-X, serta tes darah untuk menetapkan diagnosa dan menentukan penanganan yang tepat."


"Tulang punggung melengkung ke samping disebut skoliosis. Sebagian anak terlahir sudah seperti itu dan ditangani sejak tahun-tahun pertama. Namun ada juga timbul belakangan, dan yang terbanyak di usia remaja. Dokter akan meneliti lengkungan tulang punggung itu dan merujuk ke spesialis. Pada beberapa kasus, tidak perlu penanganan medis, namun bila melengkungnya parah, penanganan berbentuk latihan dan kadang ditambah penopang mungkin diperlukan untuk memperbaikinya dan mencegahnya berkembang lebih jauh."

"Asthritis sismetik juvenil, yaitu sistem kekebalan tubuh menyerang sendi, dan pada beberapa kasus, juga menyerang organ dalam, bisa menyebabkan si anak demam, merasa lesu, dan/atau ada bintik-bintik ruam. Dokter akam merujuk untuk menjalani beberapa tes di rumahsakit. Bila diagnosa ini terpastikan, penanganan akan meliputi obat antiradang nonsteroid, dan pada beberapa kasus, ditambah dengan obat kortikosteroid."

TINDAKAN SENDIRI : Menangani Terkilir Pada Anak-anak

Bila seorang anak terkilir atau memar-dalam, penanganan yang tepat untuk itu bisa diingat sebagai "RICE" yaitu rest, ice, compression, dan elevation. Bila perlu berikan peredanyeri sesuai dosis yang dianjurkan. Bila cederanya belum membaik dalam 24 jam, periksakan ke dokter. Si anak harus menghindari olahraga atau semua aktifitas tidak penting yang melibatkan anggota tubuh yang terkena sampai rasa nyerinya hilang. Bila perlu, mintakan ijin agar si anak tidak harus ke sekolah dulu.

No comments:

Post a Comment