Friday, July 3, 2015

SEMBELIT PADA ANAK

Sangat beragam frekuensi normal buang air besar seorang anak. Sebagian anak melakukannya beberapa kali sehari, dan ada yang sekali setiap 2-3 hari. Kedua pola ekstrim ini normal selama si anak tampak sehat dan tinjanya tidak keras atau sakit ketika buang air besar. Wajar pula bila bayi dan anak balita mengejan dan wajahnya me-merah ketika mengeluarkan tinja yang lembek normal, walau para orangtua sering menyalahartikannya dan menduga si anak mengalami sembelit. Perubahan kecil pada kebiasaan buang air besar seorang anak seringkali disebabkan oleh adanya perubahan pola makanan atau dalam kebiasaan harian, misalnya karena sakit, dehidrasi (terutama di hawa panas), dan ketegangan emosi.




"Sembelit yang timbul disertai sakit perut parah bisa diakibatkan oleh sumbatan usus atau kelainan serius lain di usus."

"Di hawa panas, anak-anak bisa mengalami dehidrasi, yang bisa membuat tinjanya mengeras atau berbutir-butir. Hilangnya cairan tubuh karena demam atau muntah juga bisa mengacaukan kegiatan usus. Tindakan, buatlah agar si anak banyak minum (ada di blog ini). Pola kegiatan ususnya akan kembali normal dalam beberapa hari. Bila si anak masih juga sembelit, periksakanlah ke dokter."

"Apakah si anak baru mulai belajar atau baru bisa buang air besar? Mungkin si anak sengaja menahannya. Hal ini menunjukkan adanya kecemasan saat belajar buang air besar. Bila usia si anak di bawah 18 bulan, ada baiknya menunda dulu belajar hal itu sampai ia berusia setidaknya 2 tahun. Bila anak anda tidak buang air besar selama 4 hari, periksakanlah ke dokter dalam 24 jam."

"Sembelit bisa merupakan efek samping obat tertentu, termasuk obat batuk yang dijual bebas. Hentikan semua pemakaian obat-bebas, namun jangan hentikan pemakaian obat resep apa pun. Bila masalahnya menetap, konsultasikanlah ke dokter."

"Suatu perubahan dalam dalam pola makan bisa menyebabkan kekacauan ringan dalam kebiasaan buang air besar. Sembelit biasa dialami anak yang baru masuk sekolah bila ia enggan memakai kamar kecil sekolah atau enggan untuk meminta ijin ke kamar kecil. Tidak diperlukan perawatan khusus bila si anak tampak sehat. Pastikan bahwa makanannya cukup sehat. Kebiasaan buang air besar akan kembali normal dalam beberapa minggu."

"Adakah salah satu gejala berikut: nyeri ketika buang air besar, darah di tinja? Jika iya, sebuah rekah-jaringan (robek atau belah) di dalam anus adalah kemungkinan penyebabnya. Sebuah rekahan akan menyebabkan nyeri buang air besar, yang bisa membuat si anak takut buang air besar karena takut sakit lagi. Konsultasikan ke dokter, yang bisa meresepkan pelunak tinja dan akan bisa mengurangi rasa sakit saat buang air besar. Lakukan juga langkah-langkah mencegah sembelit kambuh (ada di bawah artikel ini).


PERINGATAN
Urus-urus (laksatif) adalah obat yang mempercepat gerakan tinja di dalam usus. Terdapat beberapa jenis urus-urus yang bekerja dalam beberapa cara. Beberapa tidak sesuai untuk anak-anak, sehingga dokter harus memutuskan mana yang sesuai untuk anak anda. Jangan berikan urus-urus pada seorang anak kecuali bila pernah diberi resepnya atau disarankan oleh dokter.


TINDAKAN SENDIRI : Mencegah Sembelit Pada Anak-anak
Sembelit pada anak-anak usia di atas 6 bulan seringkali disebabkan oleh cairan atau serat dalam makanan. Pastikan bahwa anak anda minum cukup setiap harinya. Secara berangsur tambahkan makanan berserat dalam makanan si anak, meliputi buah, sayuran, sereal lengkap, kacang-kacangan, serta roti wholegrain. Cobalah berikan satu atau lebih dari makanan tersebut dalam setiap waktu makan. Biasakan si anak untuk buang air besar seusai makan dan berikan waktu secukupnya agar ia tidak merasa terburu-buru.

No comments:

Post a Comment