Wednesday, July 1, 2015

SAKIT PERUT PADA ANAK

Pada umumnya sakit perut hanya berlangsung singkat dan hilang sendiri tanpa perawatan. Namun pada beberapa kasus mungkin ada penyebab fisik serius, misalnya apendisitis, yang perlu tindakan medis darurat. Cukup sulit menentukan apakah suatu serangan nyeri lambung pada anak-anak, terutama balita, memerlukan bantuan medis atau sekedar sakit perut biasa.
Bila ada anak terserang sakit perut atau bila gerak-geriknya membuat anda menduga dia sakit perut, segera cari penyebabnya di blog ini.



"Apakah si anak sudah tampak sakit perut selama lebih dari 4 jam? Jika iya, suatu gangguan lambung serius, misalnya radang usus buntu, mungkin penyebabnya. Tindakan, jangan beri si anak pereda nyeri atau makanan minuman apa pun sambil menunggu bantuan medis. Mungkin si perlu dirawat inap agar dapat dipantau cermat dan menjalani beberapa tes. Si anak juga mungkin perlu menjalani pembedahan untuk mengidentifikasi dan menangani penyebab sakit perutnya."

"Apakah nyerinya makin memburuk ketika perut si anak agak ditekakn? Jika iya, nyeri seperti ini mungkin petunjuk pertama bahwa si anak mengidap radang usus buntu (apendisitis) atau kondisi lain yang membuat dinding rongga perut mengalami peradangan. Tindakan, berikan si anak sedikit air minum namun jangan berikan minuman atau makanan apa-apa lagi. Lakukan langkah-langkah meredakan nyeri (ada di blog ini). Amati si anak baik-baik, dan bila sakitnya belum mereda setelah lebih dari 4 jam, periksakanlah ke dokter."

"Apakah sakit perutnya disertai dengan bengkak di selangkangan atau skrotum? Bengkak di selangkangan bisa disebabkan oleh hernia (sebagian usus menerobos dinding otot lambung yang lemah) yang terjepit atau terebak. Bengkak di skrotum bisa disebabkan oleh sebuah testis yang terpuntir di dalam skrotum. Pada kedua kasus ini, diperlukan pembedahan. Hernia yang terjepit pada anak, harus segera diperbaiki. Prosedur ini meliputi pengembalian usus dan perbaikan otot dinding lambung yang lemah. Dalam operasi penanganan testis terpuntir, testis dikembalikan ke posisi semula, lalu kedua testis dijahitkan ke dinding skrotum untuk mencegah masalahnya kambuh kembali."

"Apakah sakit perutnya si anak disertai dengan perih tenggorokan, batuk, atau hidung berlendir? Jika iya, gejala ini sering disertai nyeri lambung pada anak-anak, yang mungkin disebabkan oleh membengkaknya bongol limfe. Bila si anak tidak menunjukkan gejala pada "PERINGATAN" (ada di bawah artikel ini), berikan ia pereda nyeri dan buatlah agar ia banyak minum. Bila sakitnya makin parah atau tidak membaik dalam 24 jam, periksakanlah ke dokter."

"Sakit perut kambuhan yang tidak jelas sebabnya adalah umum pada anak-anak dan tampaknya bukan karena penyebab serius. Di saat sakit perut, lakukan langkah meredakan sakit perut (ada di bawah artikel ini). Segera hubungi dokter bila sakitnya parah atau si anak masih lesu esok harinya."

"Mungkin saja si anak mengidap intoleransi makanan, yaitu timbulnya suatu gejala seperti sakit perut, muntah, dan/atau diare setiap kali memakan makanan tertentu. Konsultasikan ke dokter. Dokter akan menyarankan menghindarkan sejumlah kelompok makanan dari makanan si anak untuk selama masa percobaan. Bila hendk menyingkirkan satu jenis makanan untuk selamanya dari diet si anak, mungkin anda akan dirujuk ke spesialist diet."

PERINGATAN
Segera bawa ke rumahsakit bila anak anda terserang sakit perut parah yang berlangsung lebih dari 4 jam atau sakitnya disertai gejala-gejala berikut;

- Bengkak di selangkangan.
- Bengkak di skrotum
- Muntah berwarna kuning kehijauan.
- Tinja hitam atau bernoda merah.

Jangan beri dia pereda nyeri atau minuman dan makanan apapun saat menunggu bantuan medis.


TINDAKAN SENDIRI : Meredakan Sakit Perut

Langkah-langkah berikut bisa membantu mengurangi sakit perut ringan pada anak-anak:

  • Buat agar si anak membekap ke perutnya sebuah botol air panas berbalut.
  • Beri si anak minum air dan jangan beri makanan di saat perutnya sakit.
  • Bila sakitnya makin memburuk atau tetap terasa sampai esok harinya, segera hubungi dokter. Bawa ke rumahsakit bila sakitnya parah dan berlangsung sampai lebih dari 4 hari.



Intussusepsi

Pada intussusepsi, sebagian usus halus terlipat masuk ke dirinya sendiri, membuatnya tersumbat. Penyebabnya tidak diketahui namun bisa terjadi dalam suatu infeksi virus. Bila dokter menduga anak anda mengalami intussusepsi, si anak akan dirujuk ke rumahsakit dan akan di-infus. Sebuah enema mungkin dilakukan untuk memastikan diagnosa ini. Hal ini juga bisa memperbaiki maslahnya dengan memaksa usus halus kembali ke posisinya. Bila enema tidak berhasil, mungkin diperlukan pembedahan darurat untuk memperbaiki penyumbatan dan membuang semua usus halus yang rusak.

No comments:

Post a Comment