Saturday, July 4, 2015

TINJA ANAK TIDAK WAJAR

Adalah hal wajar jika tinja sedikit berbeda dalam hal warna, bau, maupun kepadatan. Suatu perbedaan mendadak hampir selalu disebabkan oleh sesuatu yang dimakan si anak, dan perubahannya hanya akan berlangsung dalam beberapa hari. Namun mungkin ada penyebab tersembunyi pada masalah itu. Bila tinja masih juga tidak wajar dalam 48 jam atau bila disertai gejala lain, misalnya sakit perut, periksakanlah ke dokter, dengan membawa contoh tinja dalam wadah bersih dan tertutup agar bisa diperiksa.




"Tinja hijau adalah wajar pada bayi ASI dan tidak perlu dicemaskan. Namun, pada bayi susubotol, tinja hijau bisa menandakan adanya gastroenteritis, terutama bila encer, periksakanlah ke dokter."

"Obat tertentu bisa menyebabkan perubahan pada bentuk tinja. Tindakan, hentikan pemakaian obat-bebas dan periksakan ke dokter. Sementara itu, jangan hentikan semua pemakaian obat-resep."

"Pucatnya tinja mungkin karena kegagalan menyerap lemak, akibat suatu kelainan tersembunyi. Dokter akan memeriksakan si anak. Mungkin diperlukan contoh tinjanya untuk memastikan diagnosa ini. Beberapa tes lain akan diperlukan untuk menentukan penyebab dan cara penanganan yang tepat."


"Bersit kecil darah di tinja mungkin karena ada rekahan di anus (belah atau robek di tepian anus), yang sering disertai dengan sembelit. Periksakan ke dokter. Dokter mungkin akan menyarankan anda memberi banyak minum dan makanan berserat. Mungkin dokter juga akan meresepkan pelunak tinja, yang akan memudahkan pelepasan tinja dan membuat rekahan sembuh kembali."

"Darah di tinja bisa menandakan adanya infeksi serius di saluran pencernaan atau radang di dinding usus. Kedua kelainan tersebut memerlukan penanganan segera. Dokter akan memeriksa si anak dan meminta contoh tinja untuk diperiksa. Dokter juga akan meminta si anak menjalani kolonoskopi untuk memastikan diagnosa ini. Bila penyebabnya adalah infeksi, pengobatan akan mencakup antibiotika. Kortikosteroid bisa diresepkan bila si anak mengalami penyakit radang."

"Setelah perioda serangan diare dan muntah, tinja bisa tampak pucat selama beberapa hari. Bila si anak tampak sehat, tak ada yang perlu dicemaskan. Periksakan si anak ke dokter bila tinjanya belum normal setelah seminggu, atau segera bila si anak tampak tidak sehat."

No comments:

Post a Comment