Sunday, August 2, 2015

LUNGLAI

Lemas atau enggan berjalan bisa merupakan gejala pertama pada anak yang terlalu muda untuk bisa menjelaskan adanya ketidakberesan. Suatu cedera ringan yang menyebabkan lemas akan bisa sembuh sendiri. Namun seorang anak yang menderita lemas, bahkan walaupun tidak nyeri, harus diperiksakan ke dokter dalam 24 jam. Mungkin saja ada kelainan tersembunyi yang memerlukan penanganan segera.





"Adakah benjolan atau bengkak meradang di selangkang? Jika ada, pembengkakan bongol limfe bisa membuat seorang anak sulit berjalan wajar. Bengkaknya mungkin disebabkan oleh infeksi seperti demam-kelenjar atau sebagai reaksi atas sebuah cedera di tungkai ataupun kaki. Dokter akan memeriksa si anak dan juga melakukan tes darah untuk memeriksa adanya infeksi. Bila ada cedera yang terinfeksi, akan diperlukan antibiotika."


"Apakah si anak mengeluh sakit atau tidak enak di pinggul atau paha, tanpa ada bengkak atau merah? Jika ada (dan usia si anak antara 4-8 tahun), penyakit perthes, yaitu kepala femur (tulang paha) berubah bentuk akibat kurangnya pasokan darah ke tulang tersebut. Dokter akan memeriksa dan meminta si anak di-scan ultrasonik untuk memastikan diagnosa ini. Awalnya akan diperlukan istirahat di tempat tidur. Pada beberapa kasus, pembedahan juga mungkin diperlukan."

PERINGATAN

Jangan abaikan lemasnya seorang anak kecil. Bila lemasnya disertai demam, ruam kulit, bengkak, atau pun lesu, segeralah periksakan ke dokter.

No comments:

Post a Comment