Sunday, May 10, 2015

TELINGA ANAK NYERI ATAU TERIRITASI

Nyeri telinga biasa dialami anak-anak dan bisa sangat menjenkelkan. Pada beberapa kasus, nyeri telinga disebabkan penyebaran infeksi dari belakang tenggorokan ke telinga. Untungnya, infeksi telinga semakin jarang terjadi dengan semakin tumbuhnya si anak. Anak yang belum bisa memberitahu bahwa telinganya nyeri, mungkin akan mendadak terbangun di malam hari dan menangis tanpa bisa diredakan, menjerit keras atau menarik-narik telinga yang sakit.




“Infeksi di kanal telinga bagian luar mungkin penyebab seorang anak menarik-narik telinganya atau mengeluhkan rasa sakit di telinga. Bila karena infeksi telinga luar, dokter bisa meresepkan tetes-telinga yang mengandung kortikosteroid dan /antijamur. Sementara itu lakukan sendiri tindakan meredakan nyeri telinga (bawah artikel).”

“Bisul di telinga bagian luar bisa menimbulkan nyeri telinga. Periksakanlah ke dokter. Bila membenarkan diagnosa ini, dokter akan meresepkan antibiotika. Namun pada umumnya bisul itu akan pecah dan mereda sakitnya. Tindakan sendiri meredakan nyeri telinga (bawah artikel) bisa membantu si anak lebih nyaman.”

“Apakah si anak sedang pilek atau tenggorokan serak ? Mungkin terjadi radang ringan pada gendang telinga. Namun pada beberapa kasus, sebuah masalah di tenggorokan bisa membuat nyerinya terasa di telinga. Tindakan, lakukanlah tindakan meredakan nyeri telinga. Bila nyerinya semakin memburuk atau menetap, periksakanlah ke dokter, yang akan memeriksa adanya infeksi.”

“Barotrauma adalah kerusakan gendang telinga akibat perbedaan tekanan antara telinga bagian tengah dan luar, biasanya terjadi ketika naik pesawat. Nyerinya biasanya akan membaik dalam 24 jam. Bila nyerinya berlangsung lebih lama, periksakanlah ke dokter yang akan memeriksa telinga si anak.”

“Apakah keluhan sakit di telinga si anaka disertai dengan lesu atau demam ? Suatu infeksi bakteri atau virus adalah sebuah kemungkinan. Infeksinya bisa tertular melalui saluran eustachian, yang menghubungkan tenggorokan dengan telinga bagian tengah. Dokter akan memeriksa si anak. Bila benar karena infeksi, dokter akan meresepkan rangkaian pengobatan antibiotika. Sementara itu, lakukan sendiri tindakan meredakan nyeri telinga si anak (bawah artikel).”

“Telinga si anak terasa nyeri atau teriritasi mungkin karena si anak menasukkan benda kecil, misalnya manik-manik atau serpih makanan, ke telinganya. Kemungkinan lain, ada serangga yang masuk ke telinganya. Periksakanlah ke dokter. Dokter akan memeriksa si anak. Bila ada serangga atau benda asing di saluran telinga, dokter akan bisa mengeluarkannya. Bila tidak bisa mengeluarkannya sendiri, dokter akan merujuk si anak ke rumahsakit untuk mengeluarkannya.”

“Keluarnya cairan dari telinga si anak mungkin disebabkan oleh infeksi di telinga bagian tengah, hal ini bisa merusakkan gendang telinga si anak. Hal itu akan meredakan tekanan yang terbentuk di dalam telinga. Dokter akan memeriksa si anak dan mungkin akan meresepkan antibiotika. Tindakan sendiri (bawah artikel) bisa meredakan nyeri di telinga si anak. Gendang telinga akan sembuh dalam beberapa hari, dan tidak ada efek menetap pada pendengaran si anak.”

“Kelainan tertentu di kulit, misalnya eksim atau dermatitis seborrhoeik, mungkin menyerang kulit dinding dalam telinga. Periksakanlah ke dokter. Dokter akan memeriksa telinga dan kulit si anak. Bila terdiagnosa disebabkan oleh kelainan kulit, dokter akan meresepkan tetes-telinga kortikosteroid. Cegahlah si anak agar tidak menggaruk telinga atau kulit di sekitar telinga, agar tidak memperlama kondisi ini dan menyebabkan infeksi.”

PERINGATAN
Jangan pernah memasukkan apapun, termasuk kapas-lidi (cotton buds), ke telinga seorang anak untuk membersihkannya atau untuk mengeluarkan suatu benda asing, karena bisa merusak gendang telinga tanpa sengaja.

TINDAKAN SENDIRI : Menghindari Barotrauma
Barotrauma adalah kerusakan gendang telinga akibat perbedaan tekanan antara telinga bagian tengah dan luar. Hal itu terjadi bila tuba eustachian (penghubung telinga dengan tenggorokan) tersumbat. Perjalanan udara adalah penyebab terbanyak kasus ini, dan terutama terjadi saat lepas landas atau mendarat. Hal itu bisa dicegah atau dikurangi dengan menelan udara atau menghembus lewat hidung dengan hidung dijepit tertutup, sehingga tuba eustachian membuka. Bangunkan anak anda ketika pesawat terbang lepas landas atau mendarat. Bila telinga si anak mulai tidak nyaman, ajari dia untuk meniup melalui hidung atau menghisap permen. Hal itu akan meredakan tekanan. Bayi harus diberi dot di saat lepas landas atau mendarat untuk membuat mereka menghisap atau menelan.


TINDAKAN SENDIRI : Weredakan Nyeri Telinga
Langkah-langkah berikut bisa meredakan nyeri di telinga anak anda :

  • Berikan peredanyeri dengan dosis sesuai anjuran, misalnya parasetamol cair atau ibuprofen.
  • Gunakan botol air panas terbungkus handuk ke telinga yang sakit. Tempelkan kain hangat ke telinga yang sakit
  • Buatlah agar si anak duduk atau berbaring dengan kepala tertopang bantal (berbaring rata bisa menambah sakitnya). Mengarahkan telinga yang sakit ke bawah akan mengalirkan keluar semua cairan.
  • jangan berikan tetes telinga atau minyak zaitun ke telinga si anak kecuali bila disarankan oleh dokter. Jangan menyumpalkan kapas, agar tidak menghalangi keluarnya cairan dari telinga.


No comments:

Post a Comment