Wednesday, May 6, 2015

BINGUNG DAN/ATAU MENGANTUK PADA ANAK (USIA DI ATAS 1 TAHUN)

Anak yang kebingungan bisa bicara kacau, tampak linglung atau kesal, atau merasa melihat atau mendengar hal-hal yang tidak nyata. Hal ini adalah gejala serius yang memerlukan perhatian medis segera. Mengantuk bisa disebabkan kurang tidur atau sakit ringan, atau bisa juga merupakan gejala penyakit serius, seperti meningitis.




"Kebanyakan, bingung yang terjadi setelah benturan hanya berlangsung singkat. Namun hal ini bisa merupakan petunjuk adanya cedera otak serius atau berkaitan dengan pendarahan di rongga antara otak dan tengkorak. Jangan berikan makanan atau minuman apapun sampai ada bantuan medis. Di rumahsakit akan diperiksa menyeluruh dan perlu menjalani beberapa tes, termasuk sinar x pada tengkorak atau scan CT. Mungkin si anak perlu dirawatinap untuk diawasi."

"Mungkinkah ia menelan salah satu hal berikut : obat resep untuk orang dewasa, tanaman atau jamur beracun, larutan kimia pembersih alat rumahtangga ? Gejala ini kemungkinan disebabkan oleh keracunan. Sambil menunggu bantuan medis, lakukan pertolongan pertama untuk mengatasi tertelan racun. Carilah wadah atau kemasan obat atau zat yang tertelan itu dan bawalah juga ke rumahsakit."

"Adakah pada bingung atau mengantuk anak anda salah satu gejala berikut : sakit kepala parah, enggan menundukkan kepala, tidak suka cahaya terang, mengantuk atau linglung,, bintik rata gelap yang tidak memudar oleh tekanan ? Meningitis, radang selaput pembungkus otak akibat infeksi, mungkin penyebab gejala ini. Encephalitis, radang di jaringan otak akibat infeksi virus, juga sebuah kemungkinan lain. Bila diduga meningitis, si anak harus segera dirawatinap di rumahsakit. Ia akan diobati dengan antibiotika dan mungkin memerlukan perawatan intensif. Encephalitis sering membaik sendiri namun bisa memerlukan pengobatan dengan antivirus."

"Apakah temperatur si anak 38 drajat celsius atau lebih ? jika iya, kebingungan si anak mungkin akibat infeksi parah, misalnya pneumonia atau infeksi saluran kemih. Turunkan demamnya (artikelnya ada di blog ini) dan pastikan si anak banyak minum. Bila setelah memeriksa dokter menemukan ada tempat yang jelas terkena infeksi, mungkin akan diberikan antibiotika. Bila tidak, mungkin perlu dirujuk ke rumahsakit guna menjalani beberapa tes untuk mencari penyebab dan menetapkan pengobatan yang tepat."

"Bila si anak baru saja terserang kejang ayan, hal itu bisa membuatnya mengantuk atau bingung. Bila ia sudah pernah didiagnosa mengidap ayan, periksakanlah ke dokter karena mungkin pengobatannya sudah perlu disesuaikan lagi. Bila si anak belum pernah didiagnosa mengidap ayan, segera periksakanlah ke dokter agar bisa diselidiki lebih cermat."

"Apakah si anak baru terjemur di terik matahari atau di tempat berhawa panas ? jika iya, mungkin si anak terserang 'heatstroke', yaitu bingung dan mengantuk akibat kepanasan dan dehidrasi. Sambil menunggu bantuan medis, baringkan si anak di tempat teduh dan singkirkan semua pakaian luarnya. Basahi tubuhnya dengan air hangat. Bila ia sadar, berilah minum air."

"Mungkinkah si anak baru minum alkohol ? Mungkin ia keracunan alkohol. Doronglah agar si anak banyak minum air, dan tunggulah sampai efeknya menghilan. Bila si anak menjadi tidak sadar, segera bawalah ke rumahsakit."

"Bingung atau tampak mengantuk pada anak yang mengidap diabetes bisa menunjukkan rendahnya tingkat gula darah, terutama bila gejalanya timbul secara mendadak. Pada kasus yang lebih jarang, gejala ini akibat tingginya tingkat gula darah yang timbul secara berangsur. Bila si anak cukup sadar, berilah makanan atau minuman yang sangat manis. Hal ini akan mengoreksi rendahnya tingkat gula darah dan tidak berbahaya bila karena tingkat gula darah terlalu tinggi. Bila si anak tidak bisa bekerjasama atau tidak membaik dalam 10 menit, segera hubungi dokter. Segera bawa ke rumahsakit bila si anak menjadi hilang kesadaran."

"Apakah si anak baru mengalami diare, dengan atau tanpa muntah dalam 24 jam terakhir ? jika iya, gejala seperti ini bisa ditimbulkan oleh dehidrasi. Dokter akan memeriksa untuk menentukan tingkat keparahan dehidrasinya. Pada kebanyakan kasus, memberinya banyak minum akan mengobati dehidrasinya dan mencegah pemburukan kondisi. Namun bila si anak tampak sangat lesu atau tidak bisa banyak minum untuk mengatasi dehidrasi, mungkin ia perlu dirawatinap di rumahsakit."

"Mengantuk atau bingung bisa merupakan efek samping dari beberapa jenis obat, termasuk antihistamin dan antikonvulsan. Bila si anak sedang minum obat resep, tanyakanlah ke dokter sebelum jadwal minum obat berikutnya. Semua pemakaian obat-bebas harus dihentikan."


PERINGATAN
Segera bawa ke rumahsakit bila seorang anak tampak mengantuk atau bingung yang disertai salah satu gejala berikut :

  • Nafas lambat atau tidak teratur
  • Ruam datar merah gelap yang tidak memudar bila ditekan
  • Sakit kepala parah
  • Muntah-muntah

Juga segera bawalah ke rumahsakit bila si anak menjadi tidak sadar atau sulit dibangunkan.

No comments:

Post a Comment