Saturday, May 9, 2015

MASALAH-MASALAH MATA PADA ANAK

Gejala seperti nyeri, gatal, merah dan /atau keluar cairan dari mata pada anak-anak biasanya akibat infeksi atau iritasi lokal, dan pada umumnya bisa diatasi di rumah. Segera carilah bantuan medis bila terdapat benda asing di mata yang tidak bisa dikeluarkan dengan prosedur pertolongan pertama sederhana. Bantuan medis juga harus segera dicari bila penanganan di rumah tidak efektif.





“Benda asing di mata, misalnya butiran tanah, bisa menyebabkan mata nyeri, merah dan berair. Cegahlah si anak mengucak mata dan lakukan pertolongan pertama untuk cedera di mata (bawah artikel). Bila tindakan itu tidak mungkin, atau tidak berhasil, atau matanya tetap perih sampai lebih dari 1 jam setelah benda asingnya dikeluarkan dari mata, carilah bantuan medis selekas mungkin.”

“Semua cedera di mata harus segera mendapat pemeriksaan medis karena ada resiko kerusakan permanen. Sambil menunggu bantuan medis, lakukan pertolongan pertama (bawah artikel). Begitu tiba di rumahsakit, cederanya akan segera diteliti, pada beberapa kasus, diperlukan pembedahan.”

“Adakah cairan lengket seperti nanah dari mata ? Konjungtivitis karena bakteri adalah sangat mungki, yaitu radang selaput pembungkus putih mata serta bagian dalam kelopak mata yang disebabkan oleh infeksi bakteri. Dokter akan meresepkan obat antibiotika berbentuk salep atau tetes mata. Dokter juga akan mengajarkan cara menghadapi konjungtivitis. Untuk mencegah penularannya, jauhkan si anak dari anak lain dan pisahkan handuk dan peralatan wajahnya dari milik anak lain, sampai gejalanya hilang.”

“Blepharitis, yaitu radang tepian kelopak mata, bisa menyebabkan kelopak mata gatal dan mengelupas. Kondisi ini sering berkaitan dengan ketombe. Periksakanlah ke dokter. Dokter akan meresepkan salep yang akan dioleskan ke kelopak mata. Merawat kulit kepala dengan shampo antiketombe juga akan bisa memperbaiki gejala di kelopak matanya.”

“Adakah bintil merah meradang di salah satu kelopak mata ? Stye, yaitu sejenis infeksi mirip bisul di akar bulu mata adalah sebuah kemungkinan. Tindakan, stye biasanya akan hilang sendiri dalam seminggu tanpa perawatan khusus. Bintilnya akan pecah dan mengeluarkan nanah, atau menghilang secara berangsur. Bila keluar nanah, gunakan kapas bersih dibasahi air panas untuk menghapusnya, dengan gerakan ke arah sisi terluar mata. Untuk mencegah penularan, cegahlah si anak menyentuhkan tangannya ke bagian mata yang sakit. Periksakanlah ke dokter bila gejalanya belum hilang dalam seminggu atau bila sering timbul.”

“Apakah salah satu atau kedua mata selalu berair ? Saluran air mata tersumbat, mungkin penyebab gejala ini. Kondisi ini umum pada bayi dan biasanya akan membaik sendiri tanpa dirawat, pada ujung tahun pertama usia anak. Tindakan, anda bisa membantu membuka sumbatan dengan pijatan lembut (bawah artikel). Pada kasus yang jarang, saluran air mata tidak membuka dan memerlukan operasi.”

Saluran Air Mata Tersumbat
Air mata diproduksi terus menerus untuk membasahi bagian depan mata. Kelebihan air mata akan teralirkan melalui saluran air mata, yaitu sebuah saluran halus dari sudut sisi dalam kelopak bawah mata, ke dalam hidung. Bila saluran ini tersumbat, air mata tidak teralirkan sempurna, dan mata menjadi berair. Saluran air mata tersumbat adalah biasa pada para bayi. Salah satu atau kedua saluran mungkin sudah buntu sejak lahir. Hal ini tidak perlu dicemaskan karena biasanya saluran itu akan membuka sendiri pada usia 1 tahun. Pijatan bisa membantu membuka sumbatan tersebut. Cucilah tangan baik-baik dan gunakan telunjuk untuk  memijat kulit kepala di bawah sudut sisi dalam mata dengan gerakan berputar mantap. Ulangi pijatan 3-4 kali setiap hari selama sekitar 2 minggu.

Teknik ini bisa membantu membuka saluran air mata. Bila sumbatannya belum membuka pada saat si anak berusia 1 tahun, dokter akan merujuk ke seorang spesialis untuk ditangani. Saluran itu bisa dibuka dengan sebuah proba tipis, di bawah pembiusan umum.

TINDAKAN SENDIRI : Menangani Cedera di Mata
Anda harus segera mencari bantuan medis bila terjadi benturan di mata atau ada luka di mata. Bila tampak ada luka, telungkupkan si anak dengan kepala agak ditinggikan dan tangkupkan bantalan empuk yang tidak berbulu ke mata. Jangan ditekan. Jaga agar korban sediam mungkin sambil menunggu bantuan medis.


Benda asing yang mengapung di putih mata biasanya mudah dikeluarkan. Namun bila benda itu menancap di bola mata atau terletak di bagian berwarna mata, jangan coba mengeluarkannya. Bawalah si korban ke rumahsakit.

Bila mata terkena bahan kimia, pertolongan pertama selekas mungkin akan bisa meminimumkan kerusakan pada mata, namun harus dilanjutkan dengan penanganan di rumahsakit.

TINDAKAN SENDIRI : Menghadapi Konjungtivitis
Penyebab terbanyak konjungtivitis pada anak-anak adalah infeksi bakteri, yang mudah menular. Bila anak anda terserang konjungtivitis, cegahlah ia mengucak matanya yang terkena. Bersihkan matanya dengan kapas dan air hangat sesering mungkin. Jauhkan ia dari anak lain sampai gejalanya hilang. Cegahlah penularannya pada anggota keluarga lain dengan memisahkan handuk dan peralatan muka si anak.

No comments:

Post a Comment