Saturday, June 20, 2015

HIDUNG ANAK TERSUMBAT ATAU BERLENDIR

Hidung berlendir bisa menjengkelkan seorang anak, dan hidung mampet pada bayi bisa sangat menekan karena menyulitkan pemberian makan, namun kedua gejala itu sendiri sebetulnya bukanlah gejala dari suatu penyakit berat. Semua anak pernah sesekali mengalami hidung berlendir atau mampet (sering disertai bersin), dan pada umumnya itu hanyalah karena pilek biasa. Bila hidung seorang anak berdarah karena meniup kuat hidung yang tersumbat, ikuti saran penanganan mimisan.




"Adakah keluar cairan kental kuning atau hijau dari hidung si anak ? Pilek atau infeksi lain mungkin penyebabnya. Lakukan penanganan sendiri atas pileknya (kanan). Bila si anak juga demam, redakanlah (baca 'Menurunkan Demam'). Gejalanya akan mulai membaik dalam beberapa hari. Bila tidak membaik juga, atau bila timbul gejala lain, periksakanlah ke dokter".

"Apakah tersumbat atau berlendirnya hidung si anak sudah lebih dari 1 bulan ? Jika iya, mungkin terjadi pembesaran adenoid (baca 'Tonsil dan Adenoid' di blog ini). Ini biasanya terjadi pada anak-anak dan biasanya akibat sebuah infeksi atau alergi. Periksakanlah ke dokter. Dokter akan memeriksa si anak dan juga menguji pendengarannya karena pembesaran adenoid bisa menyebabkan gangguan pendengaran. Adenoid akan mengecil saat si anak membesar dan jarang menimbulkan masalah setelah usia 8 tahun. Pada beberapa kasus, obat antialergi akan bisa menolong. Bila gejalanya parah, dokter mungkin akan merujuk ke spesialis yang bisa menentukan apakah adenoidnya perlu diangkat".

"Alergi rhinitis adalah suatu kondisi yang disebabkan oleh alergi terhadap bunga rumput dan biasanya di musim rumput berbunga, alergi ini bisa mengakibatkan anak mengeluarkan cairan jernih dari kedua hidungnya dan juga disertai rasa gatal pada matanya. Tindakan, bila mungkin, biarkan si anak di dalam rumah ketika bunga rumput berterbangan, dan jauhkan dia dari daerah yang berpadang rumput luas. Obat oral antihistamin akan bisa menolong dan dijual bebas. Bila langkah ini tidak menolong, periksakanlah ke dokter".

TINDAKAN SENDIRI : Menangani Pilek Pada Anak-anak


Anak-anak seringkali terserang pilek sebanyak 4-6 kali setahun, sampai tubuh mereka mulai membentuk kekebalan terhadap berbagai virus penyebab pilek. Infeksi terutama umum dialami ketika seorang anak baru mulai bersekolah, langkah-langkah berikut mungkin bisa menolong :

  • Doronglah agar si anak banyak minum.
  • Berikan parasetamol cair.
  • Buatlah udara di kamarnya lembab dengan meletakan handuk basah di dekat raditor atau nyalakanlah pelembab ruangan.
  • Cobalah ajari si anak untuk sering membuang ingus satu per satu bergantian.
  • Oleskan krim pelindung, misalnya jelly di sekitar hidung dan bibir atasnya, untuk mencegah lecet.
  • Bila bayi anda sulit minum susu karena hidungnya tersumbat, cobalah berikan obat tetes-hidung dengan dosis sesuai anjuran di kemasannya setiap menjelang menyusui.

Menghirup uap dari semangkuk air panas akan bisa membuat hidung lega. Pada anak-anak, tindakan seperti ini harus selalu di bawah pengawasan orang dewasa.

1 comment:

  1. Hidung mampet menghilangkannya mudah sekali, bisa menggunakan air panas, dan bisa gunakan sambil minum, atau uap dari air panas tersebut. Dan tentunya sebaiknya istirahat dulu bila memungkinkan, apa lagi hindari dari sinar-sinar smartphone, bisa-bisa tambah pusing.

    ReplyDelete