Sunday, June 21, 2015

TENGGOROKAN ANAK SERAK

Tenggorokan serak adalah umum pada anak-anak. Seorang anak yang sudah besar akan bisa memberitahukan bahwa tenggorokannya sakit. Pada bayi atau anak kecil, gejala yang bisa membuat anda curiga adalah keengganan makan karena sakit untuk menelan. Kebanyakan nyeri tenggorokan disebabkan oleh infeksi virus ringan yang akan hilang dalam 2-3 hari tanpa diobati. Namun pada beberapa kasus mungkin diperlukan antibiotika untuk mengobati infeksi bakteri.




"Ketika tenggorokan anak sakit/serak, apakah suhu tubuhnya 38 derajat celsius yang disertai ruam merah di tubuh dan anggota tubuh ? Jika iya, ada kemungkinan ini demam merah, yaitu suatu infeksi tenggorokan oleh bakteri. Ruamnya lebih nyata di lipatan kulit, misalnya di ketiak. Si anak mungkin juga mengalami muntah. Dokter akan mengambil contoh jaringan tenggorokan si anak untuk memastikan diagnosa ini. Pengobatan yang diberikan adalah dengan antibiotika".

"Apakah si anak enggan makan makanan padat, dan apakah dia tampak lesu ? Jika iya, radang di tenggorokan (pharingitis) atau di tonsil (tonsilitis) adalah sangat mungkin. Peradangan ini akibat infeksi virus atau bakteri. Setelah memeriksa, dokter akan meresepkan antibiotika. Selain itu, lakukan juga tindakan meredakan nyeri tenggorokan pada anak".

"Sakit pada tenggorokan anak juga bisa terjadi karena radang tenggorokan akibat infeksi virus ringan atau akibat iritasi. Redakanlah sendiri nyeri tenggorokan si anak. Periksakanlah ke dokter bila si anak belum membaik dalam beberapa hari".


"Demam kelenjar (mononukleosis menular), sebuah infeksi virus yang menyebabkan pembengkakan kelenjar, bisa menyebabkan tenggorokan nyeri. Bila menduga disebabkan demam kelenjar, dokter akan meminta pemeriksaan darah untuk memastikan diagnosa ini. Tidak ada pengobatan khusus untuk demam kelenjar, walau langkah-langkah meredakan demam dan meredakan nyeri tenggorokan akan bisa mengurangi penderitaan si anak".

"Pilek atau infeksi virus lain bisa menyebabkan nyeri tenggorokan. Tindakan, rawatlah pileknya seperti pada pembahasan sebelumnya (di blog ini), bila gejalanya tidak membaik dalam beberapa hari, periksakanlah ke dokter".


Tonsil dan Adenoid

Tonsil dan Adenoid adalah bagian dari sistem limfatik, yang bertugas membantu tubuh melawan infeksi. Tonsil terletak di kedua sisi belakang tenggorokan, adenoid terletak di balik hidung, di dekat mulut kedua saluran eustachian. Pada anak-anak, peradangan salah satu atau kedua jaringan ini akibat infeksi adalah biasa terjadi. Di masa lalu, tonsil dan/atau adenoid seringkali dibuang. Kini, tindakan itu hanya dilakukan bila anak yang bersangkutan terserang infeksi kambuhan yang parah. Tonsil dan adenoid secara alami cenderung mengkerut dengan bertambahnya usia.


TINDAKAN SENDIRI : Meredakan Nyeri Tenggorokan Anak-anak

Bila anak anda mengalami nyeri tenggorokan, langkah-langkah ini bisa membantu mengurangi ketidaknyamanannya :

  • Berikan minuman non-asam, misalnya susu, sebanyak dia mau. Pemakaian sedotak akan bisa memudahkannya minum.
  • Tawarkan es krim dan es loli.
  • Berikan parasetamol cair.
  • Tawarkan losenjes (obat-sesap) tenggorokan bila ia sudah cukup bisa menyesapnya tanpa tersedak atau menelan semuanya sekaligus.
  • Bila si anak sudah cukup besar, ajari dia berkumur dengan air garam hangat.


No comments:

Post a Comment