Tuesday, March 31, 2015

MASALAH-MASALAH TIDUR PADA BAYI

Kebanyakan bayi terbangun pada selang waktu tertentu di siang dan malam hari untuk menyusu selama beberapa bulan pertama usianya. Hal ini sepenuhnya normal dan tidak perlu memaksa bayi di usia ini untuk mengikuti jadwal yang lebih enak bagi Anda.


"Sebagian bayi memang tidur lebih sedikit dari yang lain. Buatlah si bayi tetap senang saat bangun dengan memberinya banyak benda untuk dilihat dan mainan. Ikuti juga TIPS tindakan untuk menidurkan bayi." 

"Banyak kemungkinan penyebab bayi menangis di malam hari, dan secara naluri, ibu bisa mengenali kebutuhan bayi."

"Rasa lapar mungkin juga menjadi penyebab bayi terbangun."
"Usaha mencegah bayi terbangun karena lapar di malam hari, misalnya dengan memberinya minuman tambahan di sore hari, biasanya kurang berhasil. Jangan pernah menambah susu formula bayi. Beristirahatlah di siang hari ketika si bayi sedang tidur. Bila dia bayi ASI cobalah perah dan wadahi dalam botol agar pasangan anda bisa sesekali membantu meminumkannya di malam hari. Bila anda merasa kurangnya tidur telah menurunkan kesehatan anda atau membuat anda kesal pada si bayi, mintalah saran dokter atau mantri kesehatan terdekat."

"Bayi muda bisa tidur setiap saat. Setelah berusia 2-3 bulan, ia bisa mulai didorong untuk lebih banyak tidur di malam hari dengan memberikan perbedaan nyata antara siang dan malam hari, dengan membiarkan tirai tetap terbuka di siang hari dan meredupkan cahaya di kamarnya di malam hari. Ketika mengganti popok di malam hari, gunakan lampu temaram dan jangan mengajaknya bicara atau bermain."

"Setelah semakin membesar, bayi anda akan membutuhkan tidur lebih sedikit. Cobalah mengurangi tidur siangnya agar ia bisa tidur lebih nyenyak di malam hari."

"Berbagi kamar dengan bayi memang bisa mengganggu suasana malam anda dan si bayi. Penyebabnya bisa karena anda telah membuat suara yang mengganggu tidurnya. Namun, lebih besar lagi kemungkinan anda yang terlalu peka terhadap gerakan si bayi di saat tidur dan sedikit suara si bayi dudah anda duga sebagai tanda terbangun penuh. Solusinya, jika memungkinkan, pindahkan si bayi ke kamar lain. Anda tentu akan tetap mendengar bila ia benar-benar menangis, namun mungkin anda kurang suka terbangunkan secara mendadak."

"Kebutuhan kehadiran anda adalah penyebab terbanyak bayi terbangun di malam hari setelah lepas dari masa menyusu di malam hari."

"Bila bayi sering bangun di malam hari (sebelumnya nyenyak) disertai dengan demam, diare atau muntah sebaiknya periksakanlah ke dokter."

"Dengan semakin tumbuhnya bayi anda, ia akan memerlukan lebih banyak makanan. Memperbanyak makan di siang hari akan membuat si bayi tak lagi bangun di malam hari. Pilihan lain, anda bisa mulai menyapihnya bila hal itu belum dilakukan."

"Kedinginan dan kegerahan bisa membangunkan bayi di malam hari. Jagalah temperature kamar bayi sekitar 18 derajat celcius. Bayi anda tidak memerlukan selimut selimut lebih dari kebutuhan anda sendiri pada keadaan sama. Membiarkan bayi kegerahan bisa meningkatkan risiko sindroma kematian bayi mendadak. Bila ia kedinginan karena selimutnya serinf tertendang cobalah memakaikan pada bayi pakaian tidur yang hangat di malam hari.?

"Bayi bisa merasakan kecemasan atau ketegangan orangtuanya, dan bisa terganggu dengan hal itu. Mungkin perlu sedikit waktu agar bayi anda yakin kembali. Kalau bisa jagalah jadwal harian si bayi tetap stabil walau kehidupan anda sedang kacau. Ketika si bayi terbangun di malam hari, berilah minum dan belaian, namun pastikan bahwa si bayi tahu bahwa ia harus kembali ke tempat tidurnya sendiri, agar si bayi tidak terbiasa bangun di malam hari dan berharap diajak bermain."


TIPS TINDAKAN SENDIRI : Membantu Bayi untuk Tidur

Pada usia 4 bulan umumnya bayi akan tidur apabila kenyang dan merasa nyaman. Yang perlu anda lakukan hanyalah berusaha memenuhi dua kebutuhan dasarnya itu. Pada usia ini, suara sayup (dan gerakan samar) cenderung akan memudahkannya tidur. Membawanya naik mobil atau didorong di kereta bayi hampir selalu akan membuatnya tidur.


TIPS TINDAKAN SENDIRI : Mengurangi Resiko Sindroma Kematian Bayi Mendadak

Ada beberapa hal yang bisa anda lakukan untuk mengurangi resiko sindroma kematian bayi mendadak, antara lain :
  • Senantiasa tidurkan bayi anda telentang di arah bagian kaki tempat tidurnya. Ini adalah posisi paling aman karena ia tidak bisa tergulung oleh sepreinya/selimutnya sendiri.
  • Gunakanlah kasur yang kuat tanpa bantal.
  • Jangan memakaikan pakaian tidur secara berlebihan.
  • Jangan dekatkan tempat tidurnya dengan radiator atau pemanas lain.
  • Jangan merokok di dekat bayi anda.


TIPS TINDAKAN SENDIRI : Membantu Menidurkan Anak Kecil

Bayi usia di atas 4 bulan sudah melewati masa sering membutuhkan minum di malam hari dan lebih memerlukan jadwal tidur yang tetap dan pasti, dan menyenangkan. Bayi anda membutuhkan kepastian bahwa berpisah dari anda untuk tidur bukanlah sebuah hukuman. Berikut ini beberapa saran untuk menikmati malam yang bebas masalah :

  • Hindari kegaduhan yang berlebihan menjelang tidur.
  • Sediakan lampu tidur jika bayi anda tampaknya takut gelap.
  • Jangan segera mendatanginya bila mendengar ia merengek di malam hari. Mungkin bayi anda sedang mengigau.
  • Bila ia menangis di malam hari, tenangkanlah tanpa bersuara, usahakan selekas mungkin. 


No comments:

Post a Comment